Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Gubernur Perintahkan Pengosongan Zona Merah Gunung Sinabung

Gubernur Perintahkan Pengosongan Zona Merah Gunung Sinabung
Seorang pengungsi erupsi Gunung Sinabung menggendong anaknya dilokasi pengungsian Korpri, Karo, Sumatera Utara, Kamis (11/12). (ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi)

BERITASIMALUNGUN.COM, Medan-Pelaksana Tugas Gubernur Sumatra Utara HT Erry Nuradi menginstruksikan Pemerintah Kabupaten Karo dan instansi terkait untuk memastikan pengosongan area yang berada dalam radius 5 kilometer dari Gunung Sinabung. Erry mengatakan, seluruh instansi di Karo yang menangani kebencanaan harus memastikan pengosongan tersebut.

Pengosongan area dalam radius 5 kilometer dari Sinabung sangat dibutuhkan karena masuk zona merah yang sangat berbahaya. "Kami imbau, jangan menempati lagi area radius 5 kilometer itu karena daerah berbahaya," kata Erry di Medan, Minggu (22/5), seperti dikutip dari Antara.



Erry mengharapkan, masyarakat Kabupaten Karo menjalankan imbauan pemerintah tersebut demi keselamatan jiwanya. "Kalau tidak dilaksanakan, bisa saja terjadi lagi," ujar Erry.

Gunung Sinabung mengalami erupsi pada Sabtu (21/5) dan mengeluarkan awan panas. Awan itu membakar sembilan warga yang memasuki Desa Gamber, Kecamatan Simpang Empat, yang menyebabkan tujuh orang tewas.

Tujuh warga tewas itu adalah Karman Meliala (60), Irwansyah Sembiring, Nanin beru Sitepu (50), Leo Perangin-angin (25),Mulia Ginting (45), Ersada Ginting (55), Ibrahim Sembiring (51) yang seluruhnya warga Desa Gamber.

Dua warga lagi dalam kondisi kritis yakni Cahaya Sembiring (57) dan Cahaya beru Tarigan (45) yang kini dirawat di RS Efarina Etaham di Berastagi. (obs)


Sumber: CNN Indonesia

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments