}); # Tim Piala Eropa 2016-Islandia (Grup F) | BeritaSimalungun
Home » » # Tim Piala Eropa 2016-Islandia (Grup F)

# Tim Piala Eropa 2016-Islandia (Grup F)

Written By Beritasimalungun on Tuesday, 31 May 2016 | 16:40

Timnas Islandia (Skysports).BERITASIMALUNGUN.COM- Lolos ke putaran final Piala Eropa 2016 merupakan momen bersejarah bagi Islandia. Untuk kali pertama sejak menjadi anggota FIFA pada 1947, Islandia akan tampil pada sebuah ajang besar sepak bola.

Sebelumnya, Islandia belum pernah tampil di putaran final Piala Eropa maupun Piala Dunia. Strakarnir Okkar (julukan Islandia) selama ini hanya sebatas tim penghibur pada babak kualifikasi zona Eropa.

Status tersebut berakhir pada kualifikasi Piala Eropa 2016. Menghuni Grup A bersama negara-negara kuat macam Belanda, Republik Ceska, dan Turki, laju Islandia tak terbendung.

Strakarnir Okkar lolos otomatis dengan status peringkat kedua. Sementara itu, juara grup ditempati Republik Ceska yang tampil superior sepanjang kualifikasi.

Catatan hebat Islandia selama babak kualifikasi adalah menaklukkan Belanda dalam laga tandang maupun kandang. Pada 13 Oktober 2014, dua gol Gylfi Sigurdsson membenamkan Belanda di Reykjavik. Selanjutnya tampil di Amsterdam pada 3 September 2015, lagi-lagi gol Sigurdsson membawa kemenangan Islandia 1-0 atas Belanda.

Islandia pun memastikan tiket ke putaran final Piala Eropa 2016 saat menahan imbang Kazahkstan di Reykjavik, 6 September 2016. Negara dengan populasi 329.000 jiwa itu pun akan tampil untuk kali pertama pada ajang sepak bola besar antarnegara.

Pada Piala Eropa 2016, Strakarnir Okkar akan tergabung di Grup F bersama Portugal, Austria, dan Hungaria. Portugal akan menjadi unggulan grup. Namun, peluang Islandia, Austria, dan Hungaria sama besar untuk lolos ke babak selanjutnya.

Islandia akan melawan Portugal pada laga awal yang berlangsung 14 Juni 2016. Selanjutnya, Hungaria bakal dihadapi pada 18 Juni 2016 dan dilanjutkan partai pamungkas grup kontra Austria pada 22 Juni mendatang.

Bintang: 
Gylfi Sigurdsson



Tidak banyak pemain bintang yang berasal dari Islandia. Dengan populasi sekitar 329.000 jiwa, mencari pesepak bola berbakat memang bukan pekerjaan mudah.

Namun, Islandia tercatat pernah memiliki beberapa pemain tenar yang bermain untuk beberapa klub Eropa. Setelah masa Eidur Gudjohnsen hampir habis, Islandia kini mengandalkan gelandang serang Gylfi Sigurdsson.

Peran Sigurdsson di lini tengah Strakarnir Okkar begitu dibutuhkan. Tercatat, pemain berusia 26 tahun itu selalu tampil dalam sepuluh pertandingan Islandia pada babak kualifikasi Piala Eropa 2016.

Pemain yang kini membela Swansea City itu mampu mencetak enam gol dari sepuluh laga tersebut. Setiap kali Sigurdsson menceploskan bola, Islandia tidak pernah kalah pada kualifikasi Piala Eropa 2016.

Pelatih Lars Lagerback tak memungkiri peran vital Sigurdsson di skuat timnas Islandia. "Jika melihat catatan karier Sigurdsson, banyak tim yang telah dibelanya. Namun, jika tidak berhasil bersama klub, dia bisa mendapatkan klub yang membuatnya jadi pemain hebat," kata Lagerback.

Pada Piala Eropa 2016, Sigurdsson dipastikan bakal menjadi andalan Islandia. Satu kelebihan yang dimiliki Sigurdsson adalah kemampuannya mengeksekusi bola-bola mati yang kerap berbuah gol untuk Strakarnir Okkar.
Pelatih: 
Lars Lagerback dan Heimir Hallgrimsson



Federasi Sepak Bola Islandia (KSI) menunjuk Lars Lagerback sebagai pelatih pada 4 Oktober 2011. KSI memercayai tangan dingin Lagerback bisa membawa Islandia berprestasi.

Lagerback mempunyai pengalaman saat menangani Swedia pada 2000 hingga 2009. Dia lantas sempat mencoba peruntungan saat melatih Nigeria pada 2010.

Bersama Islandia, Lagerback ditemani Heimir Hallgrimsson yang ditugaskan sebagai asisten pelatih pada 14 Oktober 2011. KSI berharap, Lagerback bisa menularkan ilmu kepelatihannya kepada Hallgrimsson yang dipersiapkan sebagai pelatih Islandia.

Pada 2013, KSI pun menaikkan jabatan Hallgrimsson sebagai pelatih kepala bersama Lagerback. Kolaborasi itu terbukti ampuh dengan membawa Islandia lolos ke babak play-off Piala Dunia 2014. Sayangnya, kiprah Islandia dihentikan Kroasia pada babak tersebut.

Akan tetapi, Strakarnir Okkar benar-benar memastikan tiket lolos ke putaran final Piala Eropa 2016. Duet pelatih beda negara ini sukses membawa Islandia untuk kali pertama lolos ke ajang sepak bola terbesar antarnegara Eropa itu.

Putaran final Piala Eropa 2016 merupakan turnamen internasional terakhir Lagerback sebelum pensiun. Setelah itu, Hallgrimsson bakal melanjutkan tugasnya sebagai pelatih skuat utama Islandia.
Legenda:
Runar Kristinsson



Runar Kristinsson merupakan salah satu legenda sepak bola Islandia. Kristinsson merupakan pemain dengan penampilan terbanyak bersama Strakarnir Okkar, yakni 104 pertandingan.

Saat berusia 18 tahun, Kristinsson pertama kali bermain untuk Islandia. Sebelumnya, dia pernah tampil untuk berbagai tim junior Islandia dari mulai di bawah usia 17 tahun, 19 tahun, sampai 21 tahun.

Akan tetapi, kiprah Kritinsson bersama Islandia hanya sebatas babak kualifikasi Piala Dunia maupun Piala Eropa. Kristinsson selalu gagal membawa negaranya lolos ke putaran final sebuah ajang besar.

Semasa berkarier sebagai pemain, Kristinsson pernah membela empat klub, yakni KR Reyjavik (1986-1994 dan 2007), Orgryte IS (1995-1997), Lillestrom (1997-2000), dan Lokeren (2000-2007).

Kristinsson lantas memutuskan pensiun dari lapangan hijau dalam seragam KR Reyjavik pada 2007. Sementara itu, keputusannya gantung sepatu pada level internasional diumumkan pada 2004.

Kini, Kristinsson merupakan pelatih kepala Lillestrom, klub yang pernah dibelanya pada 1997-2000. Sebelumnya, pria berusia 41 tahun tersebut menangani KR Reykjavik pada 2010-2014.

Sumber: Bola.com
Share this article :

Post a Comment