Striker Italia, Graziano Pelle, mengekspresikan kegembiraan setelah menjebol gawang Belgia dalam laga penyisihan Grup E Piala Eropa 2016, di Stadion Lyon, Senin, 13 Juni 2016.
Striker Italia, Graziano Pelle, mengekspresikan kegembiraan setelah menjebol gawang Belgia dalam laga penyisihan Grup E Piala Eropa 2016, di Stadion Lyon, Senin, 13 Juni 2016. (AFP)

BERITASIMALUNGUN.COM-Lyon - Italia memetik kemenangan 2-0 (1-0) dalam aksi perdana mereka di Piala Eropa 2016 saat menghadapi Belgia dalam dalam penyisihan Grup E Piala Eropa 2016 di Stadion Lyon, Senin (13/6) atau Selasa dini hari WIB. Gol yang membawa tim asuhan Antonio Conte unggul dilesakkan Emanuele Giaccherini pada menit ke-32 serta Graziano Pelle pada menit ke-93.

Kemenangan ini membuat Italia kini memimpin klasemen Grup E dengan tiga poin. Dalam laga sebelumnya di grup ini, Republik Irlandia bermain imbang 1-1 melawan Swedia. Dengan hasil ini maka Belgia belum mampu menghapus catatan buruk tak pernah menang atas Italia dalam kurun waktu 34 tahun.

Belgia mendapat peluang lewat aksi Radja Nainggolan, pada menit ke-11. Pemain berdarah Indonesia mendapat umpan dari sundulan Marouane Fellaini dan langsung menembaknya ke arah gawang Italia. Namun peluang ini gagal membuahkan gol lantaran kiper Gianluigi Buffon berhasil menepisnya sambil menjatuhkan diri ke sisi kiri.

Italia mengakhiri kebuntuan lewat aksi Emanuele Giaccherini pada menit ke-32. Gol berawal dari umpan jarak jauh yang dikirim dari lini belakang Italia oleh bek Leonardo Bonucci.

Bek Belgia, Toby Alderweireld berupaya menyundul bola namun bola langsung berada di kaki Giaccherini yang telah berada di depan gawang Belgia. Pemain yang tengah dipinjamkan ke Bologna oleh Sunderland ini tak menyia-nyiakan peluang dan menyelesaikannya dengan sempurna.

Belgia melakukan berbagai cara untuk bisa menyamakan kedudukan. Mereka pun menggempur pertahanan dari berbagai penjuru. Namun tangguhnya lini belakang Italia yang dikawal trio bek Andrea Barzagli, Bonucci, dan Giorgio Chiellini membuat semua serangan mereka selalu kandas.

Beberapa kali tendangan pemain Belgia ke arah gawang berhasil diblok pemain Italia, termasuk upaya Kevin De Bruyne. Sampai babak pertama usai skor tak berubah tetap 1-0 untuk keunggulan Italia.

Babak Kedua

Belgia mendapat peluang menyamakan skor lewat aksi striker Romelu Lukaku pada menit ke-54. Striker Everton ini mendapat sodoran dari De Bruyne dan berhasil memasuki pertahanan Italia. Dia kemudian melancarkan tendangan namun bola melebar dari gawang.

Dua menit kemudian Italia nyaris menambah keunggulan. Striker Graziano Pelle menanduk bola dengan keras namun berhasil dimentahkan kiper Thibaut Courtois. 

Untuk menambah daya gedor, Belgia menarik keluar Nainggolan dan menggantinya dengan Dries Martens pada menit ke-62. Sebelumnya Italia juga mengganti Matteo Darmian dengan Mattia De Sciglio.

Belgia terus melancarkan serangan untuk menyamakan skor. Sementara Italia lebih mengandalkan serangan balik. Berulang kali Eden Hazard dan kawan-kawan berhasil menyusun serangan. Namun selalu kandas di kaki para pemain Italia yang memang sangat bagus dalam bertahan.

Tim asuhan Marc Wilmots sebenarnya berpeluang menyamakan skor pada menit ke-82. Striker Divock Origi mendapat umpan di depan gawang Italia. Namun penyerang muda Liverpool ini membuang peluang karena sundulannya melambung dari mistar gawang.

Dua menit kemudian, giliran Italia yang melakukan tekanan ke gawang Belgia. Ciro Immobile yang masuk menggantikan Eder, dengan leluasa melepaskan tembakan keras dari luar penalti. Namun Courtois mampu menepis bola dengan tangan kanannya.

Gelandang Belgia, Fellaini, sebenarnya mendapat kesempatan ketika menerima bola di depan gawang Italia pada menit ke-89. Namun dia tak mampu menguasai bola dengan sempurna sehingga pemain belakang Italia mampu menggagalkan peluangnya.

Italia akhirnya menambah keunggulan menjadi 2-0 di pengujung laga. Lewat serangan balik, Candreva mengirimkan umpan silang ke mulut gawang dari sayap kanan. Pelle yang tak terkawal menyambutnya dengan tendangan voli yang keras dan melesak ke gawang Belgia. 

Susunan pemain:

Belgia (4-2-3-1): 1. Thibaut Courtois; 23. Laurent Ciman (11. Yannick Carrasco 74), 2. Toby Alderweireld, 3. Thomas Vermaelen, 5. Jan Vertonghen; 6. Axel Witsel, 4. Radja Nainggolan (14. Dries Mertens ); 7. Kevin De Bruyne, 8. Marouane Fellaini, 10. Eden Hazard; 9. Romelu Lukaku (17. Divock Origi 72).
Pelatih: Marc Wilmots

Italia (3-5-2): 1. Gianluigi Buffon; 15. Andrea Barzagli, 19. Leonardo Bonucci, 3. Giorgio Chiellini; 6. Antonio Candreva, 18. Marco Parolo, 16. Daniele De Rossi (10. Thiago Motta 77), 23. Emanuele Giaccherini, 4. Matteo Darmian (2. Mattia De Sciglio 58); 9. Graziano Pelle, 17. Eder (11. Ciro Immobile 74).
Pelatih: Antonio Conte
Stadion: Lyon
Wasit: Mark Clattenburg (Inggris)
Jaja Suteja/JAS
UEFA