Home » , » GKPS Kongsi Laita Sondi Raya Berikan Bantuan untuk Pengungsi Gunung Sinabung

GKPS Kongsi Laita Sondi Raya Berikan Bantuan untuk Pengungsi Gunung Sinabung

Written By Berita Simalungun on Wednesday, 13 July 2016 | 14:16

Awan Panas Gunung Sinabung
GKPS Kongsi Laita Sondi Raya Berikan Bantuan untuk Pengungsi Gunung Sinabung, Selasa (13/7/2016). Foto IST Sanni Girsang
BeritaSimalungun.com, Karo- Tim musik dan ibadah GKPS Kongsi Laita Sondi Raya melakukan aksi kasih berupa pemberian bantuan buku dan alat tulis kepada pengungsi Sinabung di lokasi pengungsian Desa Surbakti, Kabupaten Karo, Selasa (12/7/2016). Aksi kasih ini sebagai penyemangat dan peneguhan iman kepada korban Gunung Sinabung dipengungsian.

Kedatangan tim ini tidak hanya sebatas memberikan bantuan, tetapi mereka menghibur dengan berbaur langsung bercanda tawa dan berkomunikasi dengan anak-anak di pengungsian. Acara pemberian bantuanpun diserahkan secara simbolis kepada panitia pelaksana panggung kreasi dan selanjutnya dibagikan kepada anak-anak pengungsi.

Vikar Pdt Hengki Arapan Simarmata mengatakan, kegiatan tersebut hanya sebagai wujud atas kerja sama dengan panitia Creasi (Camp Remaja Anak Sinabung). Di mana dengan bencana yang dialami oleh penduduk sekitar gunung Sinabung, mungkin karena campur tangan Tuhan, kita pun tergugah untuk mendatangi salah satu lokasi pengungsian. “Tuhanlah yang mempertemukan kita di sini,” ucap Vikar Pdt Hengki dihadapan para pengungsi.

Sementara itu, Ketua Panitia acara creasi (Camp Remaja Anak Sinabung) Pdt Andohar Purba mengatakan, kegiatan tersebut dimulai tanggal 11 sampai 14 Juli. Acara tersebut digelar bertujuan membuka ruang untuk berpartisipasi. Acara kreasi dan camp anak Sinabung ini dikhususkan untuk anak yang telah nengalami pengungsian atas dampak erupsi gunung Sinabung sejak 3 tahun.

“Ini suatu bentuk keperdulian kita kepada korban terdampak. Sekitar 481 anak remaja yang berasal dari 32 desa ikut dalam kegiatan ini,” ujar Pdt Andohar.

Disebutkan, kegiatan ini juga bertujuan untuk menggugah kreatifitas anak untuk mengekspresikan apa yang dirasakannya selama di pengungsian.

“Selanjutnya, kita akan mencoba menanam memori baik. Acara ini juga lebih banyak muatannya ke arah musik terapi. Dengan harapan, setelah terselenggaranya acara ini, anak-anak tidak terlalu dibentuk oleh memori buruk tentang gunung Sinabung,” terangnya.
Dengan demikian, dalam transisi remaja, situasi ini tidak terlalu merusak secara psikis, mental dan intelektualnya.

Harapannya sesudah tumbuh dewasa, memori ingatan para korban Sinabung menjadi berimbang. Itu sebabnya anak-anak kita diajak membawa peralatan musik dan bagi yang tidak tau bermain musik, diberi alternatif dengan membawa botol,  batok kelapa untuk mengikuti ritmis musik. 

“Secara teori, kami berkeyakinan dan membuktikan bahwa kita bisa menanamkan memori baik itu ketika ritmis dimainkan. Lalu setiap lagu yang dinyanyikan, kita memberi narasi-narasi yang positif tentang kebencanaan ini sehingga mereka tidak mempunyai gangguan psikis,” terangnya lagi.


Pdt.Andohar Purba juga mengucapkan rasa terimakasih kepada pemuda GKPS Kongsi Laita Sondi Raya atas pemberian buku serta alat tulis serta bersedia bergabung bersama anak-anak pengungsi gunung Sinabung. (Rodo)





GKPS Kongsi Laita Sondi Raya Berikan Bantuan untuk Pengungsi Gunung Sinabung, Selasa (13/7/2016). Foto IST Sanni Girsang
Share this article :

Post a Comment