Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Layani Angkutan Wisatawan ke Samosir, Pelabuhan Feri Ajibata Beroperasi Hingga Subuh

Ratusab minibus antri di sepanjang jalan Ajibata menuju Pelabuhan Feri Ajibata.PATIARMANURUNG/METROSIANTAR
BeritaSimalungun.com, Parapat-Hari pertama liburan lebaran, jumlah pengunjung di Parapat masih terlihat sepi dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Beberapa kapal penyeberangan yang bertengger di pelabuhan Tigaraja, Kecamatan Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun masih terlihat sepi penumpang, Rabu (6/7/2016).


Pemandangan berbeda terlihat di pelabuhan Feri Ajibata, Kabupaten Toba Samosir. Antrian kendaraan roda empat yang akan menyeberang ke Samosir cukup panjang. Dua kapal Feri KPI Tao Toba I dan KPI Tao Toba II dijadwalkan akan beroperasi hingga subuh hari.

“Kalau biasanya jam operasional kita sampai pukul 21.00 WIB. Tetapi karena hari raya besar ada penambahan waktu hingga pukul 23.00 WIB, bahkan sampai pukul 02.00 WIB dini hari,” kata Bidang Operasional Lapangan Lyanto Sitanggang.

“Jadwal kerja kapal tergantung situasi penumpang. Kalau saat ini memang sudah terbilang padat tetapi karena hanya dua kapal kita, pelayanan terpaksa terbatas,” terangnya.

Dia menerangkan,. tarif ongkos kapal Feri jalur Ajibata-Tomok untuk mobil mini bus atau mobil pribadi sebesar Rp106 ribu dan untuk mobil ukuran Cold Diesel tarifnya Rp166 ribu. Sedangkan ongkos bagi penumpang dewasa Rp4 ribu dan anak-anak Rp2 ribu.

“Tarif ini hasil ketentuan dari pemerintah. Dan itu sudah termasuk asuransi. Kalau yang ada saat ini sama dengan tahun-tahun sebelumnya,” jelasnya.

Antrian kendaraan, kata Lyanto, saat ini bisa mencapai tiga jam. “Paling lama tiga jam kalau yang antriannya sudah diujung pelabuhan tetapi kalau baru datang kemungkinan akan lebih dari situ. Jarak tempuh kapal sekitar 50 menit dan bongkar muat bisa mencapai rata-rata 45 menit,” katanya.(MSC) 

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments