Home » , , , , » Generasi Muda Simalungun Sedang Berusaha Membuat Gotong Silappei

Generasi Muda Simalungun Sedang Berusaha Membuat Gotong Silappei

Written By Beritasimalungun on Monday, 26 September 2016 | 11:45

Oleh : Darwan Saragih Garingging 

Oleh : Darwan Saragih Garingging 

BeritaSimalungun.com, Siantar-Masyarakat Simalungun hendaknya tidak memahami adat dan tradisi sebagai sebuah berhala yang tidak boleh berubah. Contohnya saat ini generasi muda Simalungun sedang berusaha membuat gotong silappei (parhorja) menjadi fasionalbel (trend) bagi masyarakat. 

Gotong Silappei dimodifikasi sedemikian rupa agar memunculkan ketertarikan bagi masyarakat Simalungun dan seluruh masyarakat Indonesia untuk menggunakannya.

Kreatifitas generasi muda tersebut ternyata banyak juga mendapat kritikan dari yang pihak-pihak yang selalu memposisikan diri bahwa gotong tidak boleh dimodifikasi dan mempermasalahkan cara penggunaannya .

Hal inilah yang menimbulkan keprihatinan kita karena Gotong Silappei pada dasarnya adalah alat penutup kepala dan dapat digunakan dalam keseharian. Warna dan Coraknya dapat saja dimodifikasi agar menjadi lebih menarik dan semakin banyak orang yang mengenakannya.

Contohnya Bali, banyak sekali pakaian adat Bali yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa tanpa kehilangan corak khas ornamen Bali, dan itu membuat Budaya Bali semakin terkenal di seluruh manca negara. 

Dengan demikian sebaiknya kita jangan terlalu memandang miring setiap kreatifitas yang berusaha membuat budaya Simalungun menjadi lebih terbuka dan terkenal. 

Yang paling penting dalam setiap acara adat Simalungun seluruh rangkaian acara, penggunaan hiou dan pakaian adat Simalungun harus tetap sesuai dengan aslinya. (Penulis Dep. Pendidikan dan Pengembangan DPP/Presidium PMS)
Share this article :

Post a Comment