. Kapolda Sumut Segera Diganti ? | BeritaSimalungun
Home » , , » Kapolda Sumut Segera Diganti ?

Kapolda Sumut Segera Diganti ?

Written By Beritasimalungun on Wednesday, 7 September 2016 | 08:13

Dok.
Kapolda Sumut Irjen Pol Raden Budi Winarso
BeritaSimalungun.com, Medan-Kapolda Sumut Irjen Pol Raden Budi Winarso sudah saatnya dicopot dari jabatannya. Pengamat kepolisian dari Universitas Indonesia (UI) Prof Dr Bambang Widodo Umar, M.Si, mengatakan, tiga kasus besar di Sumut sudah cukup alasan bagi Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk mengakhiri masa jabatan Budi Winarso.

Bambang Widodo Umar mengatakan, bila di suatu daerah terjadi dua peristiwa besar, maka Kapolri mestinya memberikan peringatan keras kepada kapolda.

“Nah, kalau sudah tiga kali, ya lampu merah. Harus segera diganti dengan orang yang karakternya sesuai untuk ditugaskan di Sumut,” ujar Bambang Widodo Umar kepada koran ini di Jakarta, Senin (5/9/2016).

Diketahui, terjadi tiga peristiwa besar di wilayah Sumut dalam waktu yang tak berselang lama. Pertama, bentrok berdarah antara aparat kepolisian dengan warga di Desa Lingga, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo, 29 Juli 2016.

Kedua, kerusuhan benuansa suku, agama, ras dan antargolongan (SARA) di Kota Tanjungbalai, Jumat (29/7) malam. Ketiga, aksi percobaan bom bunuh diri di Gereja Katolik St Josef Medan, Minggu, 28 Agustus 2016.

Bambang Widodo Umar mengatakan, ada dua hal yang harus dicermati pada sosok kapolda ketika gangguan kamtibmas terjadi beruntun.

Pertama, kemungkinan penempatan sosok kapolda yang tidak sesuai dengan karakter masyarakat setempat. Kedua, profesionalitas atau kepemimpinannya yang memang tidak mumpuni.

Menurut dosen di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) itu, kapolda yang ditempatkan di Sumut harus sosok yang tegas, namun tidak sok berkuasa.

“Kalau dia merasa berkuasa, maka akan mudah terjadi gangguan kamtibnas. Karakter masyarakat Sumut itu, harus didekati. Tapi pada waktu bersamaan harus bisa tegas dan gerak cepat menghadapi gangguan kamtibmas. Dekat dengan masyarakat tapi juga tegas agar ada keseganan,” terang Bambang.

Dia mengakui, ada harapan besar masyarakat terhadap kinerja polri di bawah kepemimpinan Jenderal Tito Karnavian. Pasalnya, menurut Bambang, Tito merupakan seorang polisi yang punya kemampuan di atas rata-rata. “Beliau terbaik dari yang terbaik,” ujarnya.

Namun, lanjutnya, hal itu belum cukup. Tito dituntut kemampuannya membaca situasi kamtibmas di seluruh daerah, terutama Sumut yang menjadi salah satu barometer nasional.


“Kapolri dituntut cepat mengambil keputusan, tidak boleh ragu-ragu, tidak boleh terlalu banyak pertimbangan. Kapolri punya kewenangan penuh menilai kinerja kapolda. Kalau kemampuan kapolda dinilai kurang, ya geser saja menjadi staf atau ke polda lain yang sesuai dengan karakter personalnya,” ujar Bambang.(Sumber: Msc)
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.