. Jembatan Peninggalan Belanda di Desa Namorih Terancam Ambruk | BeritaSimalungun
Home » , , , , , » Jembatan Peninggalan Belanda di Desa Namorih Terancam Ambruk

Jembatan Peninggalan Belanda di Desa Namorih Terancam Ambruk

Written By Beritasimalungun on Sunday, 9 October 2016 | 14:37

TERANCAM AMBRUK: Jembatan peninggalan Belanda di Sungai Lau Tengah, Desa Namorih, Kecamatan Pancurbatu yang dilalui pengguna jalan sangat memprihatinkan dan terancam ambruk, Selasa (4/10).
BeritaSimalungun.com, Pancurbatu-Jembatan peninggalan Belanda yang terletak di Sungai Lau Tengah, Desa Namorih, Kecamatan Pancurbatu sangat memprihatinkan dan mendekati ambruk. Bila Pemerintah Kabupaten Deliserdang tidak secepatnya menangani jembatan yang berada sepuluh meter di atas air sungai itu dikhawatirkan akan menelan korban jiwa.

Beberapa warga setempat saat ditemui wartawan, Selasa (4/10) pagi, mengatakan jembatan yang panjangnya sekitar 20 meter dan lebar 3 meter ini sudah berumur hampir satu abad. Lantai jembatan sudah beberapa kali dilakukan perbaikan, namun karena usianya yang sudah cukup tua membuat lantainya tidak bisa bertahan lama. Ketika mobil berat melintas, maka semua badan dan penyangga jembatan bergetar seakan mau ambruk.

Budi, warga yang setiap hari melintas di jembatan itu juga mengungkapkan, beberapa waktu lalu, pernah ada becak bermotor nyaris terjatuh ke dasar sungai akibat terperosok pada lantai yang rusak. Beruntung, ketika itu tidak sampai terjatuh setelah seksi jembatan nyangkut pada kerangka lantai.

Urat Nadi Perekonomian

Saat Kepala Desa Namorih dijabat oleh Timotius sudah pernah diusulkan ke Pemkab Deliserdang untuk membangun jembatan tersebut. Namun yang terjadi, meski kepala desa sudah berganti kepada Andi Warista, jembatan tersebut belum juga ada tanda-tanda akan diperbaiki. Malah kondisinya semakin parah dan membahayakan.

Jembatan tersebut sangat dibutuhkan masyarakat dan merupakan jalan alternatif menghubungkan Kecamatan Pancurbatu dengan Kecamatan Kutalimbaru dan merupakan urat nadi perekonomian masyarakat di beberapa desa di Kutalimbaru dan Pancurbatu.

Kepala Desa Namorih Kecamatan Pancurbatu Andi Warista mengakui kondisi jembatan Sungai Lau Tengah di Desa Namorih sangat memprihatinkan. Andi juga mengakui sudah memohonkan ke Pemkab Deliserdang agar jembatan itu segera diperbaiki atau diganti baru guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Namun kenyataannya hingga  menjelang akhir 2016 ini belum ada tanda-tanda akan diperbaiki. (SIB) 
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.