}); Terjadi 5 Kali Gempa Susulan di Pidie | BeritaSimalungun
Home » , , » Terjadi 5 Kali Gempa Susulan di Pidie

Terjadi 5 Kali Gempa Susulan di Pidie

Written By Beritasimalungun on Wednesday, 7 December 2016 | 08:27

Ilustrasi
Ilustrasi (Antara )

BeritaSimalungun.com, Pidie Jaya - Beberapa saat setelah gempa tektonik berkekuatan 6,5 SR melanda Kabupaten Pidie dan Pidie Jaya, terjadi 5 kali gempa susulan selama setengah jam setelah gempa awal dengan kekuatan rata-rata 4,8 SR. Gempa yang dirasakan sangat kuat itu membuat warga panik dan berhamburan ke luar rumah, Rabu (7/12/2016) dini hari.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, sejumlah bangunan dilaporkan roboh.

"Bangunan di Kecamatan Bandarbaru, Kabupaten Pidie Jaya roboh. Sebuah rumah di perbatasan antara Kabupaten Pidie dan Pidie Jaya, yaitu di Kecamatan Gelumpang Tiga, Kabupaten Pidie, juga roboh dan menimpa penghuninya. Laporan sementara, ada 1 orang terluka, 10 ruko roboh, 4 rumah roboh, dan beberapa tiang listrik roboh di Pidie Jaya," ujar Sutopo di Jakarta, Rabu (7/12).

Selain itu, ujarnya, ada beberapa bangunan di Ulle Glee, Kabupaten Pidie, yang roboh. Sementara, di Kabupaten Bireuen, terdapat masjid yang rusak akibat gempa. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh masih melakukan pendataan.

Dengan pusat gempa dangkal dan sumber gempa berasal dari sesar aktif yang menjadi pembangkit gempa bumi ini adalah Sesar Samalanga-Sipopok Fault, yang jalur sesarnya berarah barat daya-timur laut, diperkirakan bangunan tidak tahan gempa akan mengalami kerusakan.

"BNPB masih terus melakukan kajian dan koordinasi dengan BPBD. Tim Reaksi Cepat BPBD sudah berada di lokasi untuk melakukan pendataan dan memberikan bantuan kepada masyarakat. Perkembangan gempa akan segera disampaikan," ujar Sutopo. (*)

Sumber: BeritaSatu.com
Share this article :

Post a Comment