Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Sejumlah Rumah di Deli Serdang dan Medan Rusak Akibat Gempa

Kaca sebuah bangunan mal di Ringroad Medan hancur akibat gempa 5,6 SR yang tejadi pukul 19.42 WIB, 16 Januari 2017.
Kaca sebuah bangunan mal di Ringroad Medan hancur akibat gempa 5,6 SR yang tejadi pukul 19.42 WIB, 16 Januari 2017. (Istimewa)

Rumah Pdt JP Tamsar Retak

BeritaSimalungun.com, Medan -Sejumlah rumah warga di Kabupaten Deli Serdang dan Kota Medan, Sumatera Utara, Senin (16/1/2017) rusak akibat gempa dua kali masing-masing pukul 19.13 WIB dengan kekuatan 3,9 skala Richter, dan pukul 19.42 WIB berkekekuatan 5,6 SR. Sementara Rumah Dinas Praeses GKPS Distrik IV Pdt JP Tamsar/ Br Saragih juga retak akibat Gempa Deli Serdang, Senin 16 Januari 2017 Sore. 

Rumah yang rusak parah terdapat di Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang dan Kota Medan.

Kerusakan di Pantai Labu terjadi perkampungan nelayan tradisional, pinggiran laut di pantai timur.  Warga pesisir tersebut berhamburan ke luar rumah, saat terjadinya gempa.

Sementara itu, beberapa rumah warga di Tanjung Sari, Kecamatan Medan Selayang dan Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang retak-retak.

Warga masyarakat khawatir akan terjadi gempa susulan Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kualanamu Mega Sirait di Medan, Senin malam, mengatakan bahwa pada pukul 19.13 WIB gempa yang terjadi berkekuatan 3,9 SR, sedangkan gempa yang 19.42 WIB 5,6 SR.

Pusat gempa yang pertama di 23 km barat daya Kabupaten Deliserdang teoatnya 3,24 derajat Lintang Utara dan 98,59 derajat Bujur Timur.

Gempa kedua berpusat di 28 km barat daya Deliserdang dengan kedalaman 10 km di bawah permukaan laut. Adapun lokasi gempa tersebut berada pada 3,33 derajat Lintang Utara dan 98,46 derajat Bujur Timur.

Dua Kali Diguncang Gempa, Warga Medan dan Deli Serdang Panik

Sejumlah warga Medan panik dan keluar rumah akibat gempa 5,6 SR yang tejadi pukul 19.42 WIB, 16 Januari 2017.Sejumlah warga Medan panik dan keluar rumah akibat gempa 5,6 SR yang tejadi pukul 19.42 WIB, 16 Januari 2017. (Istimewa)

Masyarakat di Kabupaten Deli Serdang, Medan, Serdang Bedagai, Sumatera Utara (Sumut), berhamburan keluar rumah menyusul gempa yang sedang melanda daerah tersebut, Senin (16/1) malam.

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa itu terjadi sebanyak dua kali. Gempa pertama terjadi sekitar pukul 19.13 WIB dengan kekuatan 3,9 Skala Richter (SR).

Kemudian, gempa kedua dirasakan lebih kuat sekitar pukul 19.42 WIB dengan kekuatan sekitar 5,6 SR. Pusat gempa berada di 3.24 Lintang Utara (LU) dan 98.59 Bujur Timur (BT).

Lokasi itu persisnya berada pada 23 kilometer (Km) di Barat Daya Kabupaten Deli Serdang, dan dengan kedalaman 10 Km. Gempa dirasakan di Medan I-II MMI (I SIG). Masyarakat panik ketika merasakan gempa.

Menurut Kapusdatin BNPB Sutopo Purwo, gempa yang terjadi di Deli Serdang dan dirasakan masyarakat di Medan, tidak berpotensi tsunami.

Rumah Dinas Praeses GKPS Distrik IV Pdt JP Tamsar/ Br Saragih juga retak akibat Gempa Deli Serdang, Senin 16 Januari 2017 Sore. IST
Sunarto (40) warga Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang mengatakan, masyarakat berhamburan keluar rumah saat gempa melanda daerah itu. Bahkan, dia mendapatkan informasi dari keluarganya yang tinggal di dekat pantai, masyarakat berlarian menuju jalanan.

"Kami yang tinggal di Batang Kuis, dan masih jauh dari kawasan pantai, sangat merasakan getaran gempa. Masyarakat berhamburan ke jalan karena gempa yang terjadi dikhawatirkan berpotensi tsunami.

Begitu juga dengan pengakuan Suwarno (45), warga yang tinggal di kawasan elit di Setiabudi Medan menyampaikan, seluruh penghuni penghuni komplek pada berlarian keluar rumah.

"Mungkin karena rumah di komplek yang secara keseluruhan bertingkat, sehingga getaran gempa dirasakan sangat kuat. Suara gemuruh bangunan rumah tersengar saat gempa itu terjadi sebanyak dua kali," sebutnya.


Sejumlah warga Medan panik dan keluar rumah akibat gempa 5,6 SR yang tejadi pukul 19.42 WIB, 16 Januari 2017.

Gempa 5,6 SR, Warga Medan Panik

Sejumlah warga Medan panik dan keluar rumah akibat gempa 5,6 SR yang tejadi pukul 19.42 WIB, 16 Januari 2017. (Istimewa)
Gempa berkekuatan 5,6 Skala Richter Senin (16/1) malam membuat warga Medan, Sumatera Utara, berhamburan keluar rumah.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, gempa terjadi pukul 19.42 WIB dengan pusat gempa 28 km sebelah baratdaya Kabupaten Deli Serdang.

"Warga Medan berhamburan keluar bangunan saat gempa 5,9 SR berpusat di Deliserdang," tulis warga setempat di Twitter dengan nama akun Tonggo Simangunsong.

Dia menyertakan video kamera ponsel yang merekam peristiwa setelah gempa tersebut.
"Wahh, papah ngerasain gempa pas di gereja," kata warga lainnya bernama Boru Turnip.

Peristiwa itu juga membuat pengunjung dan karyawan Sun Plaza kota Medan berlarian keluar gedung.

Foto-foto yang beredar di media sosial menunjukkan plafon sebuah teater gedung bioskop runtuh. (SP)


Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments