. Tersangka “Penista Agama” di Ornamen Natal Novita Hotel Jambi Adalah Mahasiswa Muslim | BeritaSimalungun
Home » , , » Tersangka “Penista Agama” di Ornamen Natal Novita Hotel Jambi Adalah Mahasiswa Muslim

Tersangka “Penista Agama” di Ornamen Natal Novita Hotel Jambi Adalah Mahasiswa Muslim

Written By Beritasimalungun on Thursday, 5 January 2017 | 21:14

Kapolda Jambi Brigjen Pol Yazid Fanani didampingi Gubernur Jambi H Zumi Zola, Kajati Jambi JW Purba dan Walikota Jambi Sy Fasha di Gedung Siginjai Polda Jambi, Kamis (5/1/2017). IST

BeritaSimalungun.com, Jambi-Kepolisian Jambi telah mengumumkan tersangka kasus dugaan penistaan agama, berupa ornamen Natal berlafaz Allah yang ditemukan di Hotel Novita, Kota Jambi, Jumat 23 Desember 2016. Tersangka bernama Reza (19) warga Kota Jambi dan juga sebagai Mahasiswa Universitas Jambi (Unja) Semester II serta penganut agama Islam. Tersangka sebagai pekerja harian lepas (PHL) di Novita Hotel Jambi.(Baca: Hiasan Natal Bertuliskan Tulisan Arab di Novita Hotel Jambi Bikin Heboh)

Penetapan tersangka tersebut diumumkan secara langsung dalam keterangan pers oleh Kapolda Jambi Brigjen Pol Yazid Fanani didampingi Gubernur Jambi H Zumi Zola, Kajati Jambi JW Purba dan Walikota Jambi Sy Fasha di Gedung Siginjai Polda Jambi, Kamis (5/1/2017).

“Tersangka yang ditetapkan berinisial RZ. Dia karyawan  Hotel Novita Jambi. Penetapan tersangka ini setelah kita mendapaatkan alat bukti dari hasil pemeriksaan saksi dan rekonstruksi,” ujar Yazid.

Kapolda Jambi Brigjen Pol Yazid Fanani juga berjanji mengembangkan kasus ini hingga tuntas.  Sebelumnya, Tim Penyidik Polda Jambi sudah memeriksa sekitar 30 saksi terkait kasus ini. Termasuk pemosting video dan gambar Ornamen Natal itu ke sosial media (FB) Bram Aprianto.

Saksi yang diperiksa ada yang berasal dari pihak manajemen, pengunjung, maupun orang yang anggap dapat membuat terang kasus ini. Tersangka RZ mengaku melakukan semua itu lantaran kecewa pada pihak manajemen Hotel Novita Jambi. Salah satu kekecewaan mahasiswa sebuah perguruan tinggi di Jambi ini adalah soal upah yang sering telat.

RZ sudah meminta maaf kepada umat Islam melalui Gubernur Jambi, H Zumi Zola. Dia mengaku tidak menyangka perbuatannya itu menimbulkan masalah yang sangat besar. RZ menyatakan penyesalannya.

Gubernur Jambi, Zumi Zola, memberi apresiasi yang tinggi kepada pihak kepolisian yang berhasil mengungkap kasus ini. “Dia tidak berniat menistakan agama,” kata Zola. Turut hadir dalam press realis tersebut Gubernur Jambi Zumi Zola, unsur Forkopimda, ormas, tokoh masyarakat, serta undangan lainnya.

Walikota Jambi Sy Fasha mengaku sudah bertemu dengan tersangka. Pengakuan RZ kepada Fasha, dirinya bekerja jadi PHL di Novita Hotel Jambi karena untuk menutupi kekurangan uang kuliah. Namun selama beberapa bulan, upahnya belum dibayar managemen hotel dan upahnya juga dibawah rata-rata.

Masih pengakuan RZ kepada Fasya, kalau RZ merasa dizolimi karena upahnya sering telat dibayar. Sehingga timbul niatnya membuat ornamen Natal di Novita Hotel Jambi itu merubahkan dengan membuat  berlafaz Allah pada batu-batu kerikil putih diatas karpet hijau.

Gambar bentuk telapak kaki pada ornamen Natal berlafaz Allah itu sebagai protes dirinya kepada Manegemen hotel dengan simbol kalau Agama yang dianutnya dizolimi. Saat RZ diperiksa di Mapolda Jambi dirinya terus menangis dan meminta maaf.

Sementara itu beredar di media sosial terkait dengan tersangka perubah ornamen Natal di Novita Hotel Jambi tersebut. Berikut transkip viral di sosial media : Breaking News: beredar info dari lapangan hitam Thehok Jambi, diduga telah ditemukan TSK Penista Kalam Ilahi di Ornamen Natal Hotel Novita 23 Desember 2016, diduga pelakunya seorang muslim, PHL Hotel Novita, duga pelaku sedang menimba ilmu di salah satu perguruan tinggi di Jambi semester II. Selamat kepada polisi yang telah berhasil menemukan TSK utamanya, Insyaallah Jambi dalam keadaan kondusif,” tulis akun Asari Syafeii. (BS-2)


Share this article :

Post a comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Pdt Dr Deddy Fajar Purba dan Pdt Dr Paul Ulrich Munthe (Ephorus dan Sekjen GKPS)

Pdt Dr Deddy Fajar Purba dan Pdt Dr Paul Ulrich Munthe (Ephorus dan Sekjen GKPS)
Selamat Natal dan Tahun Baru

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Rental Mobil di Pematangsiantar

Rental Mobil di Pematangsiantar
Ada Executive Tiomaz Trans. KLIK Gambar Info Lengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.