}); Drs Johalim Purba Sebut Bupati Simalungun Tak Abai Soal Pembangunan Jalan | BeritaSimalungun
Home » , , » Drs Johalim Purba Sebut Bupati Simalungun Tak Abai Soal Pembangunan Jalan

Drs Johalim Purba Sebut Bupati Simalungun Tak Abai Soal Pembangunan Jalan

Written By Beritasimalungun on Friday, 3 February 2017 | 08:34

BeritaSimalungun.com, Raya-Hingga saat ini masih ada saja pihak-pihak yang menciptakan opini seolah Bupati Simalungun DR JR Saragih SH MM tidak perduli dengan masalah kerusakan jalan dan seolah-olah mayoritas jalan di Kabupaten Simalungun rusak berat. Hal tersebut sama sekali tidak benar. 

Demikian dikatakan Ketua DPRD Simalungun Drs Johalim Purba kepada SS awal pekan ini. Katanya, bahwa masalah jalan rusak di Kabupaten Simalungun sudah ada sejak dulu janganlah kita berfikiran seolah hanya ketika Bupati Simalungun dijabat DR JR Saragih SH MM jalan di Simalungun rusak. 

Marilah kita berfikir objektif sejak dulupun bahkan sejak puluhan tahun lalu selalu yang menjadi masalah di Simalungun adalah infrastruktur jalan.

Dijelaskan Johalim Purba masalah jalan rusak utamanya disebabkan panjang jalan di Simalungun yang tidak sebanding dengan anggaran yang ada. 

Panjang jalan di Kabupaten Simalungun berkisar 2600 Km sementara anggaran perbaikan jalan per tahun hanya berkisar Rp 50 – 70 Milyar pertahun. 

Marilah kita berkalkulasi anggaran sebanyak itu hanya mampu memperbaiki jalan sekitar 80 – 90 Km sehingga dalam lima tahun panjang jalan yang dapat tertangani berkisar 400 – 450 Km itu masih jauh dari keseluruhan panjang jalan di Kabupaten Simalungun. 

Sementara pada tahun kelima jalan yang diperbaiki pada tahun pertama sudah kembali butuh penanganan itulah sebabnya masalah jalan tak kunjung tuntas ujar Johalim.

Pemkab Simalungun dibawah kepemimpinan DR JR Saragih SH MM terus menambah anggaran untuk infratsruktur jalan akan tetapi tetap saja ketersediaan dana yang menjadi penghalangnya. 

Sebagai Ketua DPRD Simalungun saya sangat mengetahui bahwa DR JR Saragih SH MM berfikir keras untuk membuat berbagai terobosan untuk menambah anggaran perbaikan jalan. 

Dengan kecerdasan dan jaringan yang dimilikinya DR JR Saragih SH MM membuat ide agar Pemkab Simalungun mengajukan pinjaman kepada PT SMI (Sarana Multi Infrastruktur) Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur yang bernaung dibawah Kementerian Keuangan.

Dijelaskan Johalim Purba Pemkab Simalungun sudah membuat pengajuan peminjaman dana kepada PT SMI sebesar Rp 1 Trilun untuk digunakan menuntaskan masalah jalan hanya saja pinjaman yang diajukan tidak sepenuhnya disetujui sesuai informasi yang disetujui hanya Rp 350 M dengan dana sebesar itu juga belum cukup akan tetapi harapan kita jalan-jalan yang sifatnya strategis misalnya yang menghubungkan antar Kecamatan dan Nagori dapat tuntas ujar Johalim.


Lebih lanjut Johalim mengatakan dengan adanya Dana Desa diharapkan juga dapat membantu mengatasi masalah jalan dengan Dana Desa diharapkan jalan-jalan di Nagori dapat teratasi. 

Yang paling penting partisipasi masyarakat untuk merawat jalan juga perlu ditingkatkan, minimal merawat drainage jalan di depan rumah masing-masing kiranya dilakukan sehingga usia jalan dapat bertambah. 

Faktanya selalu ada pemikiran masyarakat bahwa masalah jalan semata tanggung jawab pemerintah, padahal seharunya semua pihak masyarakat maupun pemerintah bekerja sama memelihara jalan terutama yang berada di lingkungan masing-masing. 

Dalam kesempatan tersebut Johalim menegaskan bahwa DR JR Saragih SH MM sangat perduli dengan masalah jalan dan akan terus mencari cara untuk mengatasi masalah jalan di Simalungun ujar Johalim. (SS)
Share this article :

Post a Comment