}); Ketika JR Saragih Rajin Blusukan “Cari Dukungan” Menuju Sumut 1 | BeritaSimalungun
Home » , , » Ketika JR Saragih Rajin Blusukan “Cari Dukungan” Menuju Sumut 1

Ketika JR Saragih Rajin Blusukan “Cari Dukungan” Menuju Sumut 1

Written By Beritasimalungun on Tuesday, 14 February 2017 | 17:18

Bupati Simalungun DR JR Saragih SH MM menyapa masyarakat di sela-sela kunjungan di Kecamatan Tanah Jawa.IST

BeritaSimalungun.com, Raya-Bupati Simalungun Jopinus Ramli (JR) Saragih kini gencar blusukan di Kabupaten Simalungun menyapa masyarakat Kabupaten Simalungun. Blusukan itu disebut-sebut sebagai sosialisasi JR Saragih yang berniat maju di Pilkada Gubernur Sumatera Utara (Sumut) 2018 mendatang. Bahkan JR Saragih saat blusukan ke Nagori Maligas Tongah, Kecamatan Tanah Jawa, akhir pekan lalu menjanjikan Rp 5 Miliar untuk pembangunan jalan di daerah itu.

Banyak juga media di Simalungun memberitakan kalau Pemerintah Kabupaten Simalungun dibawah kepemimpinan JR Saragih bergerak cepat membenahi pelayanan di masyarakat dalam menjadikan semangat baru di Sumatera Utara melalui Kabupaten Simalungun. Salah satunya membenahi berkas kependudukan di seluruh wilayah Kabupaten Simalungun.

Seperti dilansir SiantarNews, Bupati JR didampingi Wakil Bupati Amran Sinaga serta sejumlah pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) mengunjungi Nagori Maligas Tongah, Kecamatan Tanah Jawa, akhir pekan lalu. Di sana, JR Saragih meninjau pelayanan kesehatan, kegiatan pasar murah dan melihat jalan yang rusak parah yang kondisinya sudah berlangsung lama.

Dalam sambutanya di hadapan masyarakat, JR berjanji membantu Rp5 miliar untuk pembangunan jalan rusak. “Kita bantu Rp5 miliar untuk pembangunan jalan dan mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah dapat dikerjakan. Inilah kebijakan saya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujar JR Saragih, seperti dilansir SiantarNews.

Biner Purba warga setempat mengaku mendukung JR Saragih untuk Sumut Satu (Gubernur Sumut). “Kami dukung Pak JR Saragih untuk Semangat Baru Sumut. Pak JR pemimpin yang peduli dengan masyarakat,” kata Binner.

Warga setempat yang mendengar janji JR Saragih menggelontorkan dana Rp5 miliar itu, ragam ditanggapi masyarakat. Ada yang menyambut baik dan ada pula yang bernada miring. Bagi yang pro JR, warga mendukung. “Mudah-mudahanlah segera diperbaiki jalan yang rusak. Pedulinya rupanya Bupati ke kampung kita,” ucap sejumlah warga.

“Gara-gara mau calon Gubernur Sumut nya JR Saragih mau datang ke tempat ini. Cari perhatianlah. Coba, kalau tak maju dia, kek ginilah (rusak parah) terus jalan ini. Hanya di Simalungun atasnya dia perbaiki jalan,” gerutu sejumlah warga saat ditemui di salah satu Warung tak jauh dari lokasi pasar murah.

Pemkab Simalungun berikan bantuan 5 M untuk perbaikan infrastruktur jalan di Nagori Maligas Tongah Kecamatan Tanah Jawa tahun 2017 ini. Hal ini dilakukan mengingat infrastruktur jalan di nagori ini sudah rusak parah.

“Kita bantu Rp 5 Milyar untuk perbaikan jalan ini, mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah dapat dikerjakan agar dalam waktu dekat dapat dipergunakan masyarakat. Inilah kebijakan kami untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata JR Saragih.

Untuk itu, JR Saragih mengajak masyarakat mendoakan Kabupaten Simalungun agar lebih baik kedepan dan turut serta menjaga dan merawat pembangunan yang telah dilaksanakan pemerintah, sehingga dapat lebih bermanfaat untuk kepentingan bersama.

Terkait dengan perlaksanaan kegiatan pelayanan kesehatan dan pasar murah yang dilaksanakan Pemkab Simalungun, Bupati mengatakan bahwa hal itu merupakan wujud syukur kepada Tuhan, sekaligus bentuk perhatian pemerintah dalam membantu masyarakat.

Sebelumnya Wakil Bupati Simalungun Ir Amran Sinaga MSi dalam sambutannya mengatakan bahwa, selain melaksanakan kegiatan pelayananan kesehatan dan pasar murah, Pemkab Simalungun tahun 2017 ini akan membangun 12 unit Puskesmas, salah satunya akan dibanguan di Nagori Marubun Jaya.

Disamping itu, Amran menambahkan di Kecamatan Tanah Jawa Pemkab Simalungun juga memberikan kepada masyarakat petani berupa bibit jagung sebanyak 150 Kg dan bibit padi sawah sebanyak 2 Ton. “Ini juga merupakan kepedulian Pemkab Simalungun untuk membantu masyarakat dan juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Amran Sinaga.

Sementara media lain menuliskan, JR Saragih menyadari betul bila masyarakat di Kabupaten Simalungun khususnya di pedalaman masih banyak yang belum memiliki surat kependudukan resmi. Hal inilah membuat JR Saragih harus membenahi segala aspek khususnya dari sisi pelayanan dasar. Terutama, memberikan pengetahuan dan moril kepada masyarakat bila berkas kependudukan sangatlah penting.

“Masih banyak masyarakat di Simalungun belum menyadari betapa pentingnya surat kependudukan. Kita terus mensosialisasikan kepada masyarakat untuk memiliki surat kependudukan,” jelas Kepala Dinas Catatan Sipil Kabupaten Simalungun John Damanik seperti dilansir Metrosiantar.com.

Kecamatan Tanah Jawa memiliki penduduk yang berasal dari etnis Toba 65%, Jawa 15%, Simalungun 7,5 %, Karo 5%, dan 7,5 % lainnya berasal dari etnis Melayu, China, Aceh ini mayoritas memeluk agama Kristen (70%), Islam (25%), Budha serta lainnya (5%) ini jadi lebih mudah untuk mendapatkan berkas kependudukan dengan cepat.

“Dahulu, masyarakat di Tanah Jawa untuk mengurus berkas kependudukan haruslah pergi ke kota. Bahkan, waktu pengurusannya pun cukup lama. Cara ini kita ubah, di mana pelayanan kepada masyarakat lebih didekatkan sehingga bagi mereka yang tak berkecukupan dengan mudah mendapatkan pelayanan berkas kependudukan dengan baik,” katanya.

Untuk di Tanah Jawa khususnya di Nagori Bosar Galugur, Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun saja, John Damanik mengatakan 761 orang telah mendapatkan berkas kependudukan yang resmi. 

Di mana, jumlah ini tergolong dari berkas akte lahir sebanyak 305 orang, surat menikah 57 orang, Kartu Keluarga (KK) 200 orang, akte kematian sebanyak 2 orang serta pengurusan Elekronik Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) sebanyak 197 orang maka total keseluruhan yang sudah memiliki berkas kependudukan sebanyak 761 orang.

“Proses pembuatannya tidak memakan waktu satu jam, apalagi pesan dari Bapak JR Saragih pelayanan kepada masyarakat harus dipermudah. Waktu yang dibutuhkan harus cepat,” bebernya lagi.

Bupati Simalungun JR Saragih merasa kepemilikan berkas kependudukan yang harus dimiliki masyarakat menjadi langkah dasar untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian. Pelayanan ini bisa menjadi modal utama dalam menjalankan roda kehidupan.

“Masyarakat di Kabupaten Simalungun tidak boleh melupakan pelayanan dasar ini yakni perihal kepemilikan berkas kependudukan. Mengapa demikian? Karena ini menjadi modal dasar untuk bisa memperkuat pengetahuan umum di masa mendatan. Seperti halnya masuk sekolah butuh Kartu Keluarga (KK), akte kelahiran, hingga surat menikah. Hal ini pun berlaku saat masyarakat membutuhkan modal pinjaman di bank,” bebernya tersenyum.

Tak itu saja, pria berkacamata ini menegaskan akan melakukan langkah ini kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Simalungun bukan saja di Tanah Jawa. Terlebih, seluruh masyarakat harus mendapatkan hak yang sama.

“Pelayanan dasar kepada masyarakat bukan semata-mata dilakukan di Tanah Jawa saja melainkan di seluruh wilayah Kabupaten Simalungun. Bagi saya, seluruh masyarakat di Sumatera Utara khususnya di Kabupaten Simalungun berhak mempunyai peningkatan taraf hidup yang lebih baik melalui kinerja semangat baru Sumatera Utara,” tambahnya.

Kemudahan yang diberikan oleh pria bernama asli Jopinus Ramli Saragih ini tentunya mendapat sambutan baik, mulai dari tokoh masyarakat Tanah Jawa hingga masyarakat. Bagi, Purba selaku Tokoh Masyarakat Tanah Jawa sangat bersyukur bila pelayanan berupa pengurusan surat kependudukan dapat digapai dengan mudah.

“Kehadiran pelayanan dasar yang dekat dengan masyarakat tentunya ini menjadi langkah yang baik bagi kami selaku masyarakat di Nagori Bosar Galugur Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun  untuk mendapatkan hak yang sama,” tukasnya. (Berbagai Sumber/ BS-1)


Share this article :

Post a Comment