Home » , , , » Kolam Terapung Khusus Pancing di Danau Toba Haranggaol

Kolam Terapung Khusus Pancing di Danau Toba Haranggaol

Written By Beritasimalungun on Monday, 27 March 2017 | 18:52


BeritaSimalungun.com, Haranggaol-Menjadi andalan pariwisata Haranggaol saat ini dengan puluhan kolam terapung berikut tongkang jasa antar jemput pemancing. Pemancing berikut keluarga umumnya didominasi oleh pemancing dari Kabupaten Karo, Deli Serdang, Medan sekitarnya. Sangat membantu perputaran ekonomi Haranggaol.

Keberadaan ikan berbagai jenis dengan ukuran yang cukup besar tidak terlepas dari keberadaan Kolam Jaring Apung (KJA). Dimana pada saat panen dan penimbangan di tengah Danau Toba biasanya beberapa ekor ikan terlepas dari serokan dan melompat keluar dari kolam.

Ditambah budaya melepas 5 ekor atau lebih hasil panen ke Danau Toba sebagai ungkapan syukur atas hasil panen. Kearifan lokal yang dilakukan oleh petani lebih bermaksud menghargai alam tanpa bermaksud syirik menduakan Tuhan.

Keberadaan KJA dalam jumlah yang terukur dan terkendali terbukti menciptakan multiplier effect bagi perekonomian Haranggaol dan mendongkrak pendapatan perkapita masyarakat Haranggaol.

Memang, turis yang datang bukanlah pembawa Dollar. Tetapi pendapatan yang tercipta dari perputaran Rupiah pada bisnis rakyat yang sederhana itu sudah terbukti memberi HARAPAN. Harapan untuk hidup lebih baik.

Harapan untuk mampu berobat ketika sakit. Dan yang paling utama sesuai filosofi Bangso Batak adalah. Harapan untuk dapat menyekolahkan anak setinggi-tingginya-nya agar dikemudian hari akan muncul generasi-generasi terdidik dan unggul membawa nama harum bagi Bangso Batak umumnya dan Haranggaol khususnya. Hita Do Simadah Talun. Salam Habonaran Do Bona. (Darma Purba)


Share this article :

Post a Comment