Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Cara Mengeluarkan Aroma Bumbu pada Makanan


BeritaSimalungun.com-Makanan yang kita rasakan merupakan perpaduan dari kerja keras indra perasa dan juga indra penciuman. Aroma dari makanan akan mengirimkan sinyal ke kelenjar ludah dan organ pencernaan sehingga tubuh menerima sinyal bahwa ia siap mencerna makanan.

Aroma juga berperan penting untuk menghindarkan Anda menyantap makanan yang tidak segar atau berbahaya. Jadi secara garis besar, aroma dari makanan akan menstimulasi selera makan atau malah menghilangkannya.

Jangan heran ketika Anda menderita sakit flu atau sesuatu yang berhubungan dengan indera penciuman, selera makan Anda pasti akan turun drastis. 
Penyebabnya, sinyal-sinyal yang dikirimkan ke tubuh terganggu.

Jadi, aroma dalam masakan merupakan salah satu kunci untuk meningkatkan nafsu makan. Untuk menghasilkan aroma yang enak, makanan biasanya akan ditambahkan bumbu-bumbu seperti jahe, kunyit, ketumbar, daun jeruk, atau daun kecombrang.

Namun bumbu-bumbu ini harus diperlakukan sedemikian rupa agar rasa dan aromanya benar-benar terasa. Beberapa trik untuk mengeluarkan aroma dari bumbu-bumbu ini adalah:

1.     Jahe dan kunyit mengandung banyak air sehingga dua bumbu ini harus dipanggang terlebih dahulu agar airnya keluar. Setelah dipanggang dan kelebihan air dikeluarkan, keprek jahe dan gunakan untuk memasak.

2.     Untuk mengeluarkan aroma daun jeruk, buang tulang punggung daun dan gunakan hanya sisi daun pada makanan atau minuman.

3.     Ketumbar dan kemiri harus disangrai terlebih dahulu agar aromanya keluar.

4.     Serai harus digeprek untuk mengeluarkan aromanya. Jangan lupa untuk mengikat serai agar serat-serat dari serai tidak pecah dan masuk ke dalam makanan.

5.     Kecombrang dan pandan cukup diiris-iris saja karena kandungan airnya sudah cukup tinggi.

6.     Bawang merah dan tomat harus dikaramelisasi agar rasa dan aromanya lebih terasa. (Beritagar.id/l)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments