}); Tujuh Hari Sebelum dan Sesudah Lebaran, Tol Kualanamu-Tebing Tinggi Sudah Dibuka Gratis | BeritaSimalungun
Home » , , » Tujuh Hari Sebelum dan Sesudah Lebaran, Tol Kualanamu-Tebing Tinggi Sudah Dibuka Gratis

Tujuh Hari Sebelum dan Sesudah Lebaran, Tol Kualanamu-Tebing Tinggi Sudah Dibuka Gratis

Written By Beritasimalungun on Saturday, 20 May 2017 | 19:05

BeritaSimalungun.com, Deliserdang-Pengerjaan jalan tol Kualanamu-Tebing Tinggi kini sudah mencapai 88 persen. Jalan tol ini rencananya akan mulai beroperasi September mendatang. Namun pada arus mudik Lebaran Juni 2017, jalan ini akan difungsikan untuk mengurai kemacetan.

Jalan Tol Kualanamu-Tebing Tinggi merupakan bagian dari tol trans Sumatera yang dibangun oleh pemerintah. Dari total jalan sepanjang 61,71 Km, 42 Km di antaranya sudah selesai dan akan beroperasi September 2017.

Meski baru akan beroperasi pada September, namun PT Jasa Marga Kulanamu Tol memastikan Jalan Tol Kualanamu-Tebing Tinggi ini difungsikan pada musim lebaran 2017. Ruas jalan yang difungsikan adalah seksi 2 di kawasan Bandara Kulanamu Deliserdang hingga seksi 6 di kawasan Sei Rampah Serdang Bedagai.

Menurut pihak PT Jasa Marga Kualanamu Tol, jalan tol ini akan difungsikan 7 hari sebelum lebaran dan 7 hari setelah lebaran dan karena sifatnya masih fungsional, maka tidak ada tarif yang dikenakan kepada pengguna jalan.

"Roda dua tidak kita ijinkan untuk masuk. Jadi skenarionya nanti H-7 dari arah Medan menuju Tebing Tinggi, H+7 arus balik dari Tebing Tinggi menuju Medan. Kami berharap ini bisa membantu untuk melancarkan arus mudik menuju ke luar dan balik ke Medan," ujar Agus Choliq Direktur Teknik Jasa Marga Kualanamu Tol.

Pembangunan jalan tol Kulanamu-Tebing Tinggi ini menggunakan alokasi dana dari APBN dan Investasi Badan Usaha Jalan Tol,  PT Jasa Marga Kualanamu Tol senilai Rp 1,4 triliun. 

Selain tol Kualanamu-Tebing Tinggi ruas jalan di Sumatera Utara yang nantinya akan difungsikan pada masa lebaran adalah seksi 3 jalan tol Medan-Binjai yang menghubungkan antara Sei Semayang dengan Kota Binjai. (SIB)
Share this article :

Post a Comment