. LSM Projo akan Surati Menteri dan Presiden Soal Perambahan Hutan Tinggi Raja | BeritaSimalungun
Home » , » LSM Projo akan Surati Menteri dan Presiden Soal Perambahan Hutan Tinggi Raja

LSM Projo akan Surati Menteri dan Presiden Soal Perambahan Hutan Tinggi Raja

Written By Beritasimalungun on Tuesday, 26 September 2017 | 22:15

Gelondongan kayu yang sudah ditebang ditemukan di Kawasan Tinggi Raja.
BeritaSimalungun-Pihak Dinas Kehutanan Provinsi menyatakan bahwa PT TILS telah mengantongi izin dalam hal pemanfaatan hutan di Kecamatan Dolok Silau. Namun masyarakat sekitar tetap berkeyakinan akan berdampak merusak alam, sehingga pemerintah diminta mencabut izin yang telah dikeluarkan. 

Ketua LSM Projo Yansen menegaskan kembali, pihaknya akan terus berjuang hingga ke pemerintah pusat agar izin yang telah dikeluarkan dicabut kembali. 

Sehingga hutan di Dolok Silau tetap terpelihara dengan baik. Dengan begitu, masyarakat sekitar akan tetap merasa nyaman. Akan tetapi, bila pohon di kawasan hutan industri itu terus ditebang bahkan mencapai 2.700 hektare, maka tidak terbayangkan bagaimana dampak negatifnya. 

“Tentu, kamilah pertama yang merasakan dampak bila terjadi bencana alam. Itu sebabnya, kami yang tinggal di sana dengan tegas menolak pemanfaatan hutan industri dengan alasan apapun,” ujarnya. 

Dijelaskan Yansen, tidak ada keuntungan yang bisa dirasakan masyarakat termasuk pemerintah bila kayu di hutan itu dibabat habis, yang ada hanya lah kerugian. 

“Kalaupun ada yang untung, ya pengusahannya saja. Tapi dampak lingkungan ini yang tidak ternilai,” ungkapnya. 

LSM Projo, kata Yansen, akan menyurati Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan hingga Presiden Joko Widodo, dengan maksud agar izin yang telah dikeluarkan supaya segera dicabut. 

“Apalagi kawasan hutan yang dimanfaatkan itu sangat dekat dengan lokasi wisata Kawah Putih Tinggi Raja di Kecamatan Silau Kahean. Kawah Putih itukan gunung merapi. Jadi jelas kita takutkan adanya letusan gunung merapi hingga banjir bandang. Kalau ini terjadi siapa yang bertanunggung jawab?,” kata Yansen. 

Dari observasi LSM Projo di lokasi, penebangan kayu di kawasan hutan itu sudah terjadi sekitar satu bulan terakhir. Kayu gelondongan yang sudah ditebang dengan menggunakan alat berat sudah dikumpulkan di beberapa titik dan siap dibawa. 

“Jika ini terus dibiarkan, maka Kecamatan Dolok Silau, Silau Kahean bahkan sampai ke daerah Tebing Tinggi dimungkinankan terkena bencana alam,”katanya. (MSC)
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.