. Popi Novia Ginting, Pilot Perempuan Pertama dari Tanah Karo | BeritaSimalungun
Home » , » Popi Novia Ginting, Pilot Perempuan Pertama dari Tanah Karo

Popi Novia Ginting, Pilot Perempuan Pertama dari Tanah Karo

Written By Beritasimalungun on Saturday, 21 October 2017 | 20:31


BeritaSimalungun-Menjadi seorang pilot merupakan salah satu profesi yang banyak didambakan oleh kalangan generasi muda, sebab dengan menjadi pilot, seseorang dapat terbang melintasi cakrawala. 

Bila dulu pilot identik sebagai profesi kaum lelaki, kini semakin banyak perempuan yang berprofesi menjadi pilot. Di Indonesia, perempuan yang menjadi pilot sudah cukup banyak. 

Namun, di Kabupaten Karo Popi Novia br Ginting mungkin adalah pilot perempuan pertama, yang bisa menjadi inspirasi untuk kebangkitan generasi muda, khususnya kartini-kartini dari Tanah Karo. 

Pilot kelahiran Lau Baleng, 18 Oktober 1993 ini adalah anak dari Waktu Edison Ginting (WED) dan Pennoh br Pinem, perempuan asli berdarah Karo. Kini perempuan yang akrab disapa dengan Popi ini menjadi salah satu pilot di Maskapai Citilink. 

Kesan pertama dari sosok pilot wanita pertama Karo ini cukup ramah dan bersahabat, saat dihubungi wartawan Sipayo.com melalui melalui telepon selulernya, Minggu sore, 14 Oktober 2017, untuk diwawancarai. 

Di awal percakapan, Pilot Wanita Karo tersebut mengatakan, dirinya adalah lulusan sekolah penerbang Nusa Flying International Jakarta. Popi menempuh pendidikan di SD Katolik Lau Baleng, kemudian dilanjutkan di SMP Negeri 1 Lau Baleng, dan SMK Negeri Penerbangan Bogor. 

Niat menjadi pilot muncul sejak Popi duduk di bangku SMP, bahkan gadis cantik ini saat diwawancarai juga memiliki saran tersendiri buat generasi muda. 

“Jangan pernah menyerah dan teruslah berusaha, sebab seluruh usaha yang dilakukan tidak akan pernah mengkhianati hasil. Saya bisa menjadi seperti sekarang tidak terlepas dari buah perjuangan yang tidak instan dengan proses yang begitu rumit dan butuh perjuangan ekstra,” ujarnya. 

Popi berpesan, bagi generasi muda yang bercita-cita ingin menjadi seorang pilot, hal pertama yang harus dan mutlak dilakukan adalah menjauhi narkoba dan jaga kesehatan, sebab modal utama menjadi pilot adalah memiliki kesehatan prima. 

Berbicara tentang suka duka menjadi seorang pilot, Popi juga bercerita pengalamannya yang bisa berkeliling Indonesia dan bahkan bisa keliling dunia. 

“Banyak mengetahui karakter dari setiap kota, dari Sabang hingga Merauke, ibarat kita sarapan di Bali, makan siang di Jakarta, dan tidur di Medan,” ujarnya. 

Dan dibalik manisnya menjadi seorang pilot, Popi juga bercerita tentang duka yang ada didalamnya. “Dukanya menjadi seorang pilot disaat terbang cuacanya jelek, seperti hujan badai. Nah disitulah kita sebagai pilot harus benar-benar mempunyai skill dan harus bisa mengambil keputusan dan mengutamakan keselamatan para penumpang,” ujarnya. 

Popi menambahkan, duka lain bila berprofesi sebagai seorang pilot, yakni jauh dari keluarga dan kehidupan sosial juga kurang mendukung, karena hampir setengah bulan diluar kota. “Jadi jangan harap bisa selalu hadir dalam acara-acara penting orang-orang terdekat,” ujarnya. (BS)

Sumber: sipayo.com
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.