. Tuak “Narkoba” Beredar Luas di Sumut | BeritaSimalungun
Home » , , , , » Tuak “Narkoba” Beredar Luas di Sumut

Tuak “Narkoba” Beredar Luas di Sumut

Written By Beritasimalungun on Monday, 21 January 2019 | 09:36

Dioplos Pupuk Urea, Usai Diminum Ada Rasa Asin
Foto ILUSTRASI: Ikan Nila "Burbur" Kuliner Khas Simalungun Danau Toba. Foto Asenk Lee Saragih
Hutaimbaru, BS-Kini minuman tradisional “Tuak” oplosan beredar luas di Sumatera Utara, khususnya di wilayah keliling Danau Toba. Tuak yang dioplos dengan Pupuk Ure ini ditengarai diproduksi di Kisaran, Asahan. Efek dari “Tuak Narkoba” ini dapat membuat peminumnya tak sadar diri usai meminumnya berlebihan dan juga membuat sifat syaraf agresif. 

Minuman tradisional yang diolah dari Pohon Kelapa, bukan Pohon Aren ini, dikenal dengan nama “Tuak Narkoba” di Sumut. “Tuak Narkoba” ini juga dicampur dengan air mentah untuk memenuhi jumlah pasokan ke pelanggan. 

“Tuak narkoba ini peredarannya hingga ke Porsea, Samosir, Sidikalang, Karo, Simalungun, Batubara. Khususnya daerah keliling Danau Toba peredarannya sudah lama. Tuak kelapa ini dioplos dengan Pupuk Urea sehingga saat meminumnya ada rasa asin dilidah. Peredaran “Tuak Narkoba” ini sudah lama di Sumut,” ujar M Panjaitan, warga Porsea kepada Penulis di Hutaimbaru, 26 Desember 2018 lalu.

Menurut M Panjaitan, dirinya pernah ditawarkan sebagai agen “Tuak Narkoba” ini di Porsea. “Saya disuruh sebagai agen tuak ini di Porsea. Tapi yang menawarkan itu masih teman, namun dibilang sama saya kalau saya hanya menjualnya, jangan meminumnya. Karena tuak itu telah dioplos pupuk urea,” ceritanya.

M Panjaitan juga menyebutkan, proses pembuatan “Tuak Narkoba” ini yakni dengan menampung seluruh tuak dari penyadap (Panderes-red). Kemudian dimasukkan ke bak penampungan serta mencampurkannya dengan pupuk urea dan kulit kayu “Raru”. 

“Raru ikatan langsung dimasukkan ke bak penampungan. Usai dipakai raru bekas itu juga dijual ke pasaran, meski sudah bekas pakai. Hingga kini belum ada tindakan dari pihak terkait dengan peredaran “Tuak Narkoba” ini. Pihak BPOM Sumut juga diminta memeriksa tuak oplosan pupuk urea ini,” kata M Panjaitan. 

M Panjaitan juga pernah mencicip “Tuak Narkoba” di Kisaran. “Baru mencicip sedikit ada rasa asin. Tidak seperti tuak biasanya. Lalu saya ajak kawan pindah warung dan saya membayar tuak itu. Efek tuak “narkoba” ini juga membuat kepala pusing dan bisa tak sadarkan diri,” katanya.

Dia juga meminta Polisi untuk membongkar produsen “Tuak Narkoba” yang beredar luas di Sumut ini. BPOM Sumut juga diminta proaktif menindak lanjuti Tuak opposan pupuk urea yang bisa membahayakan nyawa manusia ini. (Asenk Lee Saragih)
    
 
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.