}); Jokowi dan Iriana Seruput Kopi di Humbahas | BeritaSimalungun
Home » , , , » Jokowi dan Iriana Seruput Kopi di Humbahas

Jokowi dan Iriana Seruput Kopi di Humbahas

Written By Beritasimalungun on Tuesday, 30 July 2019 | 07:05

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana di Desa Parulohan, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, 29 Juli 2019. ( Foto: @Jokowi )

Beritasimalungun, Humbang Hasundutan- Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyeruput kopi asal Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), yang pasarnya ternyata sudah menembus Eropa, di sela kunjungan Senin (29/7/2019).

Kopi yang dinikmati Presiden dan Ibu Negara ini dikenal dengan nama Tobodo. Nama kopi ini sesuai dengan asalnya yang menggunakan bahasa Batak. Tabodo memiliki arti minuman yang sangat enak dan nikmat.

Dalam kunjungan sore itu, Presiden didampingi Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Kedatangan Jokowi disambut Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Pangdam I Bukit Barisan Mayjend TNI Sabrar Fadhillah, Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan, Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor dan pejabat utama lainnya.

Presiden dengan Ibu Negara mengaku menikmati kopi asal Kabupaten Humbahas tersebut. Selain itu, rombongan menteri maupun pejabat daerah juga turut mencicipi kopi yang sudah mendunia itu.

Menurut Kepala Sub Bagian Imim Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Humbahas, Hordarnim Purba, kopi yang diminum Presiden merupakan khas asal Kecamatan Polung, Kabupaten Humbahas.

"Keistimewaan dari kopi ini memiliki cita rasa karamel. Kopi ini ditanam dan tumbuh di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut. Kopi ini juga sudah pernah dibawa ke Paris dan Hawai. Kopi ini sudah menembus pasar Eropa," sebutnya.


Sumber: Suara Pembaruan
 
Share this article :

Post a Comment