}); Mulus, Langkah WD-BISA Melengkapi Surat Dukungan Perseorangan di Pilkada Simalungun 2020 | BeritaSimalungun
Home » , , » Mulus, Langkah WD-BISA Melengkapi Surat Dukungan Perseorangan di Pilkada Simalungun 2020

Mulus, Langkah WD-BISA Melengkapi Surat Dukungan Perseorangan di Pilkada Simalungun 2020

Written By Beritasimalungun on Sunday, 26 July 2020 | 22:08

Dengan mematuhi Protokol kesehatan Covid-19, Bapaslon Irjen Pol (Purn) Drs M Wagner Damanik MAP-Abidinsyah Saragih (WD-BISA) saat menandatangani penyerahan kelengkapan berkas surat dukungan yang sebelumnya mengalami kekurangan, di Kantor KPUD Simalungun, di Jalan Tuan Jan Horailam Saragih, Kelurahan Pematang Raya, Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun,  Minggu (26/ 07/2020).(Foto Robby Saragih) 
Pematangraya, BS- Pasangan Bakal Calon Perseorangan (Bapaslon) Irjen Pol (Purn) Drs M Wagner Damanik MAP-Abidinsyah Saragih (WD-BISA) didampingi sekitar 300 orang pendukung hadir di Kantor KPUD Simalungun untuk menyerahkan kelengkapan berkas surat dukungan yang sebelumnya mengalami kekurangan, Minggu (26/ 07/2020).

Suasana Kantor KPUD Simalungun, di Jalan Tuan Jan Horailam Saragih, Kelurahan Pematang Raya, Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun mendadak diramaikan oleh pendukung Bapaslon WD-BISA yang akan maju dari jalur peseorangan (independen) Pilkada Simalungun 9 Desember 2020 mendatang.

Irjen Pol (Purn) Maruli Wagner Damanik menyampaikan bahwa kehadiran mereka dengan tujuan menyampaikan berkas surat dukungan sebanyak 6.328 berkas.

“Terimakasih atas dukungan masyarakat Kabupaten Simalungun, sehingga hari ini kami dapat menyerahkan secara langsung 6.328 berkas surat dukungan kepada KPUD Simalungun. Berkas ini untuk kelengkapan verifikasi factual,” kata Wagner Damanik.

“Pada tahap pertama, kita mengalami kekurangan 2.504 berkas, dari jumlah minimum persyaratan dan menerima sanksi untuk kelengkapan berkas selanjutnya dengan menyiapkan dua kali lipat dari ketentuan dari nilai kekurangan berkas, atau harus menyediakan 5008 surat dukungan,” tambah Wagner Damanik didampingi Abidinsyah Saragih.

Selanjutnya, WD yang sebelumnya menjabat sebagai pengajar pada Lembaga Ketahanan Nasional RI (Lemhanas RI) ini juga menyampaikan dukungan dari masyarakat terlihat dari antusiasnya masyarakat untuk membantu kekurangan berkas. 

“Hal ini disebabkan dalam tempo tiga hari, masa pengumuman hasil verifikasi faktual tahap pertama, sebenarnya dukungan masyarakat telah terpenuhi. Mereka menyambut baik, dan suka rela memberikan dukungan. Kami mencoba door to door, dan hasilnya keingintahuan masyarakat di dalam Pilkada dengan sistem jalur peseorangan, cukup tinggi," sebutnya.

Di KPUD Simalungun tampak surat dukungan yang diserahkan secara langsung oleh pasangan calon dan diterima oleh Ketua KPUD Simalungun, Raja Ahab Damanik dan disaksikan oleh Komisioner Bawaslu Simalungun, M Adil Saragih.

Raja Ahap Damanik didampingi M Adil Saragih menyampaikan terimakasih atas kehadiran Paslon dan pendukung WD-BISA dan diharapkan pada aktifitas Pilkada tetap ikuti protokol Covid-19 dan berharap agar dipenambahan kali ini, bisa berjalan lancar serta lulus verifikasi faktual.

Terpisah, Ketua Tim Pemenangan WD-BISA, Janri Parkinso Damanik menambahkan, sesuai undang- undang syarat agar Paslon jalur Perseorangan bisa ditetapkanmenjadi Calon harus mendapatkan dukungan 7,5 persen dari DPT (Daftar Pemilih Tetap).

KPU Simalungun menetapkan Paslon jalur Perseorangan harus didukung 47.854 dukungan, yakni 7,5 persen dari 638.042 jumlah DPT terakhir di Kabupaten Simalungun.

Sesuai Rapat Pleno KPU Simalungun Senin 20 Juli 2020 Paslon Wagner  Damanik Abidinsyah Saragih sudah memperoleh 45.350 dukungan masih kurang 2.504 dukungan lagi untuk memenuhi ketentuan 47.854 dukungan. (Asenk Lee Saragih)


Share this article :

Post a comment