. “Mantap Mattin Tumang Kopi Silimakuta”, RHS akan Dukung Sepenuhnya UMKM | BeritaSimalungun
Home » , , » “Mantap Mattin Tumang Kopi Silimakuta”, RHS akan Dukung Sepenuhnya UMKM

“Mantap Mattin Tumang Kopi Silimakuta”, RHS akan Dukung Sepenuhnya UMKM

Written By Beritasimalungun on Friday, 9 October 2020 | 19:31

“Mantap Mattin Tumang Kopi Silimakuta”, RHS akan Dukung Sepenuhnya UMKM.


Saribudolok, BS–
Calon Bupati Kabupaten Simalungun 2021-2024, Radiapoh Hasiholan Sinaga (RHS) didampingi Tim Pemenangan RHS-ZW, melakukan perjalanan menuju Kabanjahe, Kabupaten Tanah Karo, Jumat (09/10/2020).

Seperti biasa, di dalam perjalanan “politik Pilkadanya”, RHS senantiasa membangun komunikasi silaturahmi dengan warga Kabupaten Simalungun. 

Ketika pandangan RHS tertuju pada Pinurun CoffeeShop yang berada di Jalan Singgalang, Kelurahan Saribudolok, Kecamatan Silimikuta, dia segera meminta supir untuk singgah. Pasti ada sesuatu yang ingin dilihat, sekaligus memberikan masukan kepada pengusaha CoffeeShop tersebut.

Memilih duduk berbaur dengan warga yang berada di cofffeshop, RHS pun memesan kopi khas di tempat yang kelihatan tertata rapi itu. 

Usai seruputan pertama, RHS langsung melontarkan komentar, “Kopi ni mantap, mattin tumang.” Maksudnya, rasa kopinya mantap dan enak sekali.

Putra Purba, pengelola tempat ngopi tersebut, tersenyum. Kemudian menjelaskan, bahwa kopi yang dinikmati RHS beserta rombongan, adalah kopi yang ditanam di Silimakuta. Artinya asli produk Silimakuta, bukan didatangkan dari kecamatan lain di Kabupaten Simalungun atau dari daerah lainnya. Tentu, jenis kopi yang ditanam petani, adalah jenis robusta dan arabika.

Pada kesempatan itu, RHS memberikan tips bagaimana mengembangkan usaha, dengan memperhatikan disain yang pas, sehingga pengunjung merasa tertarik untuk singgah, karena ada sesuatu yang dapat dinikmati. 

“Supaya lebih elegan dan pengunjung merasa lebih nyaman saat menikmati seruputan kopinya,” kata RHS yang meminta kepada Putra Purba, karna masih adanya tempat atau ruang kosong, dapatlah diisi dengan sajian makanan khas yang dapat menjadi pilihan bagi peminum kopi, semisalnya sajian sarapan lontong atau lainnya.

Selain memberikan saran desain lokasi usaha, RHS juga memberikan saran dalam pengembangan dan promosi penjualan kopi asli Silimakuta yang tidak kalah dengan kopi daerah lain. 
“Mantap Mattin Tumang Kopi Silimakuta”, RHS akan Dukung Sepenuhnya UMKM.

Perhatikan UMKM

Selain bersama Putra Purba, RHS juga berdiskusi dengan Henri S salah seorang pengelola atau pelaku usaha kopi. RHS bersama kedua pengusaha muda itu, berdiskusi mulai dari proses pemanenan hingga pembuatan kopi layak konsumsi hingga cara memasarkan hingga keluar daerah bahkan ekspor ke mancanegara. 

RHS pun menyampaikan, bahwa salah satu dari visi-misi dalam membangun Kabupaten Simalungun lebih maju, lebih baik dan rakyat sejahtera, adalah memberikan perhatian khusus terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). 

“Kita akan mengembangkan kemampuan berinovasi para pengusaha kecil menengah, sehingga usahanya dapat bertumbuh tidak saja dari kuantitas juga kualitas. Hal itu akan berdampak pada bertambahnya penghasilan dan lapangan kerja, karena setiap usaha yang maju akan merangsang pengusaha untuk memperluas usahanya,” kata RHS.

Diungkapkannya, bahwa kehadiran UMKM di Kabupaten Simalungun, belum diberi sentuhan, sehingga para pengusaha kecil menengah di daerah ini, layaknya jalan di tempat dan akhirnya tutup.

“Saya bersama Pak Zonny Waldi, akan memberikan perhatian serius ke UMKM, dan akan memberikan ruang yang lebih luas dalam kesempatan mendapatkan bantuan modal usaha,” kata Radiapoh Hasiholan Sinaga.(Rel/Didik S)
Share this article :

Post a comment