Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Penjaga Budaya Partonun Hiou Simalungun Itu Tutup Usia

Fotonya Diabadikan di Kalender GKPS Lembar Bulan Agustus
Selamat Jalan Ompung Berto Br Simarmata. (Asenk Lee Saragih) 

Purba Tongah, BS-Masyarakat pecinta Seni Budaya Simalungun kehilangan satu “Penjaga Budaya” Partonun Hiou Simalungun (Penenun Kain Simalungun-red) pada usia 85 Tahun pada Sabtu 3 Oktober 2020 di Purba Tongah, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun. Sosok “Penjaga Budaya” ini pernah dimuat dalam Kalender GKPS Bulan Agustus 2020 “kain Tenun Simalungun” PARTONUN HIOU. 

Lewat akun sosial media Facebook Dewita Purba, Sabtu (3/10/2020) memberikan kabar dukacita, atas berpulangnya Ompung Berto Boru Simarmata dalam usia 85 tahun.

“ RIP. Karena kepiawaianya dalam martonunun hiuo Simalungun yang ia lakoni seumur hidupnya  tersebutlah dia sebagai salah seorang PENJAGA BUDAYA. Demikian opung kami ini panggil, bukan hanya oleh orang sekampung tapi juga diakui oleh seluruh pencinta budaya bahkan oleh warga GPKS. Bahkan Pimpinan Pusat GKPS mengabadikan fotonya sebagai salah satu lembaran Kalender GKPS  TAHUN 2020 (lembaran Agustus 2020),” tulis Dewita Purba yang juga Artis senior Simalungun itu.

“Adalah Opung BERTO BR SIMARMATA, partonun Hiuo Simalungun yang hasil karyanya sangat dikagumi. Hasil tenunanya sangat terkenal sampai ke luar dareah Simalungun.  Pada saat muda opung kami ini juga lama aktif sebagai GURU SEKOLAH MINGGU di GKPS Purba Tongah. Sangat sabar dalam mendidik kami anak sekolah minggu,” ujar Dewita Purba mengenang.

“Hari ini Sabtu 3 Oktober 2020, Opung yang sangat kami cintai ini tutup usia 85 Tahun. Baik budimu akan tetap kami kenang. Selamat jalan Opung, beristirahatlah dengan tenang,” ucap Dewita Purba.
 
Redaksi Berita Simalungun menyampaikan rasa dukacita yang mendalam atas berpulangnya Ompung Berto Boru Simarmata Sang Penjaga Budaya itu. Karyamu telah diwariskan kepada generasimu untuk mengabadikan Penjaga Budaya itu. Selamat Jalan Ompung. (Asenk Lee Saragih)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments