. Ketua TP PKK Simalungun Kunjungi Pembuatan Keripik Pisang "Gosong" dan Budidaya Jamur Tiram di Kecamatan Ujung Padang | BeritaSimalungun
Home » , , , , » Ketua TP PKK Simalungun Kunjungi Pembuatan Keripik Pisang "Gosong" dan Budidaya Jamur Tiram di Kecamatan Ujung Padang

Ketua TP PKK Simalungun Kunjungi Pembuatan Keripik Pisang "Gosong" dan Budidaya Jamur Tiram di Kecamatan Ujung Padang

Written By Beritasimalungun on Thursday, 10 June 2021 | 11:41

Istri Bupati Simalungun RHs Br Sidabutar mengunjungi pengrajin Keripik Pisang "Gosong" dan Budidaya Jamur Tiram di Kecamatan Ujung Padang baru-baru ini.

Ujung Padang, BS-Pandemi Covid-19 tak bisa dimungkiri telah berdampak pada segi perekonomian. Tidak hanya di perkotaan, namun melemahnya sektor ekonomi juga dirasakan masyarakat pedesaan. Berbagai upaya pun telah dilakukan pemerintah guna membangkitkan kembali geliat perekonomian negeri ini.

Salah satunya di daerah Kampung Lalang,  Kecamatan Ujung Padang, warga mengambil inisiatif dalam mengembangkan usaha keripik pisang gosong dan budidaya jamur tiram. Usaha tersebut dikelola secara perorangan dan pemasarannya melalui keluarga yang tinggal di luar daerah.

Ketua TP PKK Kabupaten Simalungun R Br Sidabutar RHS bersama pengurus PKK yang lainnya dan didampingi oleh Sekdes Kampung Lalang mengunjungi pengrajin keripik pisang gosong dan budidaya jamur tiram yang ada di desa tersebut.

Dalam kunjungan tersebut, beliau berdiskusi dengan pelaku usaha dan ingin menjalin hubungan yang baik demi kemajuan usaha yang dijalankan.

Alasan memilih keripik pisang gosong karena bahan baku mudah didapatkan. Selain itu, banyak petani pisang mengeluh hasil panennya tak laku dijual di masa pandemi saat ini.

“Mudah-mudahan ini menjadi terobosan baru yang bermanfaat untuk mengentaskan kemiskinan di desa kami. Mudah-mudahan bisa berhasil menuju swasembada pangan di Kampung Lalang khususnya dan umumnya Kecamatan Ujung Padang serta bisa membuka lowongan kerja bagi para kaum ibu yang ada disini,” ungkap owner keripik pisang.

Beliau juga mengatakan, bahwa usaha keripik pisang ini sudah berjalan kurang lebih 5 tahun terakhir. Bahan baku pisang didapatkan dari daerah sini juga.

Sedangkan untuk pengusaha budidaya jamur tiram baru berjalan selama setahun terakhir ini. Nyonya Radiapoh mengajak para pelaku usaha agar tetap semangat dalam menjalankan usaha yang dikerjakan dan dari pihak PKK akan mengajak untuk bekerja sama dalam bidang pemasaran hasil UKM. 

Hal ini dilakukan guna membantu penghasilan para kaum ibu untuk membantu keuangan keluarga. Sebelum menutup pertemuan tersebut, Nyonya Radiapoh mengundang para pelaku usaha untuk hadir pada acara UKM yang akan dilaksanakan pada hari Senin, 14 Juni 2021 di Rest Area Kecamatan Purba.(Didik S)





Share this article :

Post a Comment

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis