. Masyarakat Nagori Silabah Jaya dan Sibuntuon "Marharoan Bolon" Bangun Jalan | BeritaSimalungun
Home » , » Masyarakat Nagori Silabah Jaya dan Sibuntuon "Marharoan Bolon" Bangun Jalan

Masyarakat Nagori Silabah Jaya dan Sibuntuon "Marharoan Bolon" Bangun Jalan

Written By Beritasimalungun on Tuesday, 8 June 2021 | 11:19

Masyarakat Nagori Silabah Jaya dan Sibuntuon "Marharoan Bolon" Bangun Jalan.

Dolok Pardamean, BS-Program gerakan haroan bolon (gotong royong) membangun Simalungun di bumi Habonaron Do Bona terus berjalan di kehidupan masyarakat dalam mengatasi masalah di tengah-tengah masyarakat itu sendiri.

Seperti di Nagori Silabah Jaya dan Sibunton Kecamatan Dolok Pardamean Kabupaten Simalungun,  Sumut, melaksanaan haroan bolon. Sasaran kegiatan haroan bolon yang dilaksanakan masyarakat kedua nagori tersebut yaitu memperbaiki jalan yang rusak/berlubang dengan melakukan penutupan lubang yang ada di badan jalan dengan meterial berupa pasir dan batu (sirtu), Selasa (8/6/2021).

Jalan yang menjadi sasaran masyarakat kedua nagori itu dalam marharoan bolon merupakan jalan penghubung dari Simpang Raya menuju objek wisata Tiga Ras. Dimana jalan itu juga merupakan jalan penghubung antara nagori Silabah Jaya dengan Sibuntuon. 

Terlihat masyarakat bersatu padu, saling bahu membahu dan penuh semangat bersama pemerintahan kedua nagori mengatasi kerusankan jalan penghubung di kedua nagori itu yang di koodinatori oleh Camat dan Muspika.

Menurut Camat Rulianto Girsang SPsi MSi menjelaskan bahwa untuk material yang digunakan masyarakat dalam marharoan bolon seperti batu dan pasir merupakan sumbangsih dari pangulu dan perangakatnya. 

Sementara itu Kadis Kominfo Kabupaten Simalungun Wasin Sinaga SPd MH di ruang kerjanya mengharapkan kepada masyarakat,  dalam melaksanakan aktifitas sehari-hari termasuk kegiatan haroan bolon tetap menerapkan protokol kesehatan untuk menghindari penyebaran Covid-19. 

Bagi Kecamatan yang belum melaksanakan kegiatan haroan bolon, Wasin meminta supaya segera melaksanakannya terutama untuk mengatasi jalan-jalan yang kondisinya sangat memprihatinkan,  sehingga percepatan dalam mengatasi jalan yang rusak di Kabupaten Simalungun dapat terlaksana dengan baik. "Minimal layak jalanlah, sehingga dapat di gunakan masyarakat mengangkut hasil bumi untuk dipasarkan,"katanya.(Didik S)



Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.