. Dua Lagu Ciptaan Agus Erdiaman Purba Pemenang Lomba Lagu Batak Terpopuler Tahun 2021 | BeritaSimalungun
Home » , , , » Dua Lagu Ciptaan Agus Erdiaman Purba Pemenang Lomba Lagu Batak Terpopuler Tahun 2021

Dua Lagu Ciptaan Agus Erdiaman Purba Pemenang Lomba Lagu Batak Terpopuler Tahun 2021

Written By Beritasimalungun on Monday, 1 November 2021 | 11:20

Komponis Andal Simalungun, Agus Erdiaman Purba. (Istimewa) 

Pamatangraya, BS
-Dua lagu Pop Daerah Simalungun ciptaan komponis andal Simalungun, Agus Erdiaman Purba menjadi pemenang Lomba Lagu Batak Terpopuler Tahun 2021 yang dilaksanakan Batak Center Jakarta. Lomba dilaksanakan sejak 5 Mei 2021 hingga 31 Oktober 2021 Pukul 23.59 WIB. Dua Lagu Pop Simalungun uang jadi pemennag itu adalah “Sipukkah Huta” dan “Simalungun Najagiah”.

“Yangtrehormat Sahabat Simalungun, Asenk Lee dkk. Dalam Nama Tuhan Jesus, Lagu Simalungun yang berjudul : 1. SIPUKKAH HUTA. 2. SIMALUNGUN NAJAGIAH, menjadi pemenang Lomba Lagu Batak Terpopuler tahun 2021 yang diadakan oleh Batak Center Jakarta. Dengan rincian sebagai berikut : 1. Sipukkah Huta (2540 Votes) sebagai Juara 1 dan Lagu Simalungun Najagiah (1639 Votes) sebagai Juara 3,” demikian pesan WhatsApp Agus Erdiaman Purba diterima Redaksi Beritasimalungun, Senin (1/11/2021). 

“Terimakasih yang setinggi tingginya kepada seluruh Kader HIMAPSI dan Para Sahabat yang sudah membantu untuk memberikan Votesnya kepada dua Lagu Simalungun diatas. Kita luar biasa. Semoga Tuhan membalas budi baik kita semua. Horas,” ujar Agus Erdiaman Purba.

Komponis Sipukkah Huta

Seperti diberitakan sebelumnya, lagu-lagu  Simalungun ternyata tidak hanya enak disenandungkan dan didengarkan. Namun lagu Simalungun juga bisa menjadi jembatan bagi seseorang meraih prestasi dibidang akedmik. Itulah yang dibuktikan Natalia Nainggolan mahasiswi  Fakultas Ilmu Budaya Program Studi Etnomusikologi Universitas Sumatera Utara (USU) Medan.

Melalui lagu Simalungun “Sipungkah Huta” ciptaan komponis andal Simalungun, Agus Erdiaman Purba, Natalia Nainggolan berhasil meraih gelar sarjana (S1) dengan predikat cum laude (sangat memuaskan).

Natalia Nainggolan mengupas (mengalisis) lagu “Sipungkah Huta” dengan judul skripsi “Analisis Makna Tektual dan Musikal Lagu Supungkah Huta dalam Masyarakat Simalungun” Tahun Akademik 2021. 

Menanggapi keberhasilan  Natalia Nainggolan meraih sarjana melalui lagu “Sipungkah Huta”, pencipta lagu tersebut Agus Erdiaman Purba yang terkenal dengan julukan “Komponis Sipukkah Huta” kepada Beritasimalungun, Sabtu (2/10/2021) mengatakan, sangat salut atas kejelian Natalia Nainggolan melihat nilai-nilai seni dan sosiologis lagu “Sipungkah Huta” tersebut. 

“Natalia sebenarnya hanya seorang gadis desa kelahiran Purba Tongah, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Kemudian Natalia Nainggolan aktivis Himapsi USU. Kini Natalia telah menyandang gelar Sarjana Seni (S.Sn) dari Fakultas Etnomusikologi USU dengan predikat sangat memuaskan. Natalia sudah  diwisuda dari USU baru-baru ini,” kata Agus Erdiaman Purba.

Menurut Agus Erdiaman Purba, lagu “Sipungkah Huta” mengandung visi dan misi yang digali dari masyarakat “Bumi Habonaron Do Bona” (Simalungun). Agus Erdiaman Purba mengharapkan nilai-nilai perjuangan masyarakat Simalungun yang terkandung dalam lagu tersebut bisa diwujudkan untuk memajukan masyarakat Simalungun, menjadi tuan di negeri sendiri.

Dikatakan, saat ini lagu “Sipungkah Huta” sedang diperlombakan dalam kompetisi lagu-lagu Batak Terpopuler yang diselenggarakan “Batak Center Jakarta”.

Lagu “Siungkah Huta” dan “Simalungun Najagiah” bersaing dengan 100 lagu Batak terpoluler dari lima etnis Batak yakni Toba, Simalungun, Karo, Pakpak, Mandailing. Selain lagu “Sipungkah Huta” lagu ciptaan terbaru Agus Erdiaman Purba berjudul “Simalungun Najagiah” juga diperlombakan dalam kompetisi tersebut.

“Selamat kepada komponis andal Simalungun, Agus Erdiaman Purba pencipta lagu “Sipukkah Huta” dan “Simalungun Najagiah” jadi pemenang I dan III pada Lomba Lagu Batak Terpopuler Tahun 2021 yang dilaksanakan Batak Center Jakarta. Selamat dan terus berkarya untuk kebadian Simalungun,” ujar Rosenman Saragih, Pimred BS.

Seperti diketahui “Sipukkah Huta” dipopulerkan oleh Artis Simalungun Yeyen Marbun dan Lagu “Simalungun Najagiah” dipopulerkan oleh Yanci Br Sinaga. (Asenk Lee Saragih)
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.