. Diskusi Pdt Jhon Winsyah Raja Saragih MTh dengan Pdt Rawalpen Saragih | BeritaSimalungun
Home » , » Diskusi Pdt Jhon Winsyah Raja Saragih MTh dengan Pdt Rawalpen Saragih

Diskusi Pdt Jhon Winsyah Raja Saragih MTh dengan Pdt Rawalpen Saragih

Written By Beritasimalungun on Tuesday, 6 September 2022 | 09:49

Pdt Rawalpen Saragih.

Oleh : Pdt Jhon Winsyah Raja Saragih MTh

BS-Pertama kali saya kenal beliau ketika dia menjadi bapak asrama di STT-AS. Pendeta yang sedari dulu saya kenal nyentrik ini hingga kini masih saja asyik menjadi rekan diskusi. Walaupun sudah berumur 72 tahun staminanya masih saja prima. Bayangkan, pada Kamis minggu yang lalu kira-kira Pukul 11.00 pagi kami mulai berdiskusi dan baru mengahirinya setalah Pukul 23.00 malam, tetapi beliau tidak sedikitpun mengeluh kelelahan.

Seperti kebiasaannya, setelah dari kantor sinode GKPS kamipun memilih tempat diskusi di warung kaki lima di salah satu sudut Kota Pematangsiantar. Selama 12 jam bincang kami, seolah seluruh topik dan persoalan belahan dunia, mulai dari GKPS hingga gereja lain, dari Indonesia, Asia, hingga Eropah, dari politik, ekonomi, hukum hingga sosial, dari masalah keluarga hingga pribadi, semuanya kami kupas tuntas dari topik yg satu ke yang lain, seolah kami adalah ahli di segala bidang. 

Persfektif beliau mengenai GKPS: GKPS itu masih bagus, bahkan lebih bagus dari gereja lain. Untuk melihat GKPS, lihatlah keseluruhannya hingga kepedalaman sana. Sejauh pengamatan beliau tidak hanya GKPS, tapi  semua gereja dewasa ini mengalami persoalan yg sama. Demikian pesan objektifnya.
Sebenarnya, bagi saya pribadi yang membuat diskusi tetap nikmat dan renyah adalah karena beliau selalu berhasil datang dari persfektif yang tidak terduga. 

Dia selalu berpikir di atas tataran manusia  normal, hingga saya merasa seolah terus dikoreksi dan diisi dengan hal-hal yang baru, dari satu topik ke topik lain. Cara berpikirnya tak lazim, sehingga semua orang yg pertama sekali mendengarnya  selalu seperti dibongkar habis hingga akar-akarnya. Dampaknya kita bisa semakin beriman tetapi bisa juga menjadi kehilangan iman.

Di menit-menit terakhir diskusi kami saya bertannya: dalam usia yang sudah ujur sepertinya bapak masih sehat, apa rahasianya?? Dengan senyumnya yang khas, beliau menjawab: " Seumur-umur saya baru sekali sakit, itupun karena makan sup ekor sapi 2 kg sekali makan, strokelah aku". 

Dengan kalimat pasti beliau melanjutkan, rahasia sehat adalah: "lakukan semua hal-hal yang  menyenangkan dirimu, sebab ketika dirimu senang pada saat itulah terjadi proses penyembuhan terbaik pada tubuhmu". Semoga sehat selalu bapak dan guruku Pdt Rawalpen Saragih. (***)
Pdt Rawalpen Saragih.

Share this article :

Post a Comment

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis