. Ketum HBB Lamsiang Sitompul Ajak Anggota HBB Dan Masyarakat Luas Salurkan Tali Asih Untuk Korban Gempa Taput | BeritaSimalungun
Home » , » Ketum HBB Lamsiang Sitompul Ajak Anggota HBB Dan Masyarakat Luas Salurkan Tali Asih Untuk Korban Gempa Taput

Ketum HBB Lamsiang Sitompul Ajak Anggota HBB Dan Masyarakat Luas Salurkan Tali Asih Untuk Korban Gempa Taput

Written By Beritasimalungun on Tuesday, 4 October 2022 | 11:47

Foto By: BS
Medan, BS-Ketua Umum Organisasi Masyarakat (Ormas) Horas Bangso Batak (HBB) Lamsiang Sitompul SH MH mengajak anggota HBB dan masyarakat luas di Tanah Air berdonasi untuk meringankan beban korban gempa dengan 6.0 skala richter yang berpusat di Parmonangan, Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara Sabtu 1 Oktober 2022 pukul 02.28 WIB.

“Mari saudara yang terpanggil untuk memberi dukungan bantuan dana sosial untuk meringankan beban saudara kita yang tertimpa musibah akibat gempa bumi di Taput. Donasi dapat ditransfer melalui rekening HBB Peduli: Bank Mandiri : 1050015061249. Ayo teman-teman, mari kita bantu saudara-saudara kita yang terkena musibah gempa bumi di Taput. Seberapa pun bantuan dari kita sangat berarti buat mereka,” ujar Lamsiang Sitompul kepada di Medan, wartawan, Selasa (4/10/2022).

Menurut Lamsiang Sitompul, keluarga besar Horas Bangso Batak mengucapkan turut berduka cita atas musibah yang menimpa masyarakat Tapanuli Utara, Sabtu, 1 Oktober 2022 pekan kemarin.

Disebutkan, masyarakat tidak hanya mengalami musibah gempa, namun juga ada musibah kebakaran permukiman penduduk di Sarulla/Pahae Jae. Gempa tersebut tidak saja menimbulkan kerusakan banyak bangunan dan harta benda, namun juga menimbulkan korban luka di Kota Tarutung, Siborongborong, Aek Raja, Huta Tinggi, Parmonangan dan lain-lain. 

Kata Lamsiang Sitompul, dari data yang diperoleh pihaknya, beberapa Gereja, seperti HKBP Parmonangan Siranggitgit, HKBP Huta Tinggi, HKBP Pansur Napitu, dan HKBP Tarutung Kota mengalami kerusakan cukup parah. 

Juga sejumlah bangunan HKBP seperti Gedung Raja Pontas, Rumah Dinas Ephorus di Pearaja Tarutung, Museum dan Arsip HKBP di Seminarium Sipoholon juga rusak akibat gempa. 

Lanjut Lamsiang Sitompul, sebagai bentuk rasa empatinya terhadap musibah yang menimpa korban gempa dan kebakaran di Sarulla/Pahe Jae dan wilayah Taput lainnya, HBB membuka rekening bantuan sosial. Salurkan bantuannya di Rekening Bank Mandiri: 1050015061249; Perkumpulan Horas Bangso Batak Peduli Kasih.

“Bagi yang sudah mengirimkan dana bantuan sosialnya harap menginformasikan ke nomor WA-082276441115,” ujar Lamsiang Sitompul.

Ketum HBB Pusat Lamsiang Sitompul juga mengajak seluruh pengurus HBB di seluruh Indonesia menghimpun donasi “HBB Peduli Kasih” untuk korban gempa Taput.

Sementara berdasarkan data yang diterima dari Mapolda Sumut, akibat gempa yang terjadi menimbulkan korban jiwa meninggal dunia dan terluka. Adapun identitas korban yang meninggal dunia dan terluka, yakni Leo Sihombing (62 tahun) warga Jalan Kornel Simanjuntak Tarutung, meninggal dunia karena sakit jantung akibat gempa bumi.

Candra AP (24) warga Desa Sidagal Siatas Barita, alami luka robek, ILT (12) pelajar alami luka ringan, Elisabet Br Lumbantoruan (18) mahasiswa alami patah kaki, Febrian Manalu (21) warga Jalan HKI, Tarutung, alami luka robek.

Kemudian, Romauli Nababan (24 ) warga Tapian Nauli Simorangkir, alami syok, Panti Hutabarat (52) Tahun luka berat di kepala, JM (6) warga Tarutung, alami luka robek, SS (14) warga Situmeang Habinsaran, alami lukan robek.

Lalu, Pola Simanjuntak (34) warga Sipoholon Sibuntuon, alami luka robek, AS (9) Tahun warga Tangsi Tarutung, alami kaki keseleo dan AMH (12) warga Tarutung terjatuh akibat gempa.

“Mari kita salurkan tali asih kita lewat Perkumpulan Horas Bangso Batak Peduli Kasih di Rekening Bank Mandiri: 1050015061249. Bantuan kita akan meringankan beban para korban,” pungkas Lamsiang Sitompul.

1347 Rumah Penduduk Rusak

Dari data dilihat di posko tanggap bencana Tapanuli Utara, sebanyak 1347 rumah penduduk, 72 tempat Ibadah mengalami rusak berat dan rusak ringan. Kerusakan tersebar di sembilan kecamatan dan 1 orang korban meninggal dan 24 orang korban luka-luka.

Kerusakan bangunan pemerintah, swasta dan rumah penduduk tersebar di beberapa kecamantan di Kabupaten Tapanuli Utara yakni di Kecamatan Tarutung, yang paling banyak mengalami kerusakan adalah rumah penduduk yakni sebanyak 504, 13 unit Rumah ibadah dengan tingkat kerusakan ringan dan berat.

Tidak saja rumah penduduk dan rumah ibadah yang mengalami kerusakan, fasilitas umum lainnya juga mengalami kerusakan tersebar di beberapa kecamatan wilayah Taput. Berikut data sebaran rumah penduduk dan rumah ibadah yang mengalami kerusakan per kecamatan.

1. Kecamatan Tarutung.

   - 504 unit rumah

   - 13 unit tempat ibadah.

2. Kecamatan Parmonangan

   - 313 unit rumah penduduk

   - 16 unit tempat ibadah

3. Kecamatan Sipoholon

    -254 unit rumah penduduk

    -17 unit tempat ibadah

4. Kecamatan Siatas Barita

     -180 unit rumah penduduk

     -9 unit tempat ibadah

5. Kecamatan Pagaran

    -72 rumah penduduk

    -14 tempat ibadah.

Sedangkan di  Kecamatan Pahae Jae lokasi pasar Sarulla 18 unit ruko kebakaran diduga akibat korseleting arus listrik akibat gempa. Kecamatan Pahae Julu 3 unit rumah penduduk, 2 unit tempat ibadah dan kecamatan Sipahutar 1 unit rumah penduduk.

Selain rumah penduduk dan tempat ibadah rusak, gempa juga berdampak kerusakan lainnya yaitu 30 ruas jalan, 9 unit jembatan, 23 fasilitas pendidikan. Sebanyak 3 unit fasilitas kesehatan, 24 kantor pemerintah, 3 kantor swasta, 34 tembok penahan tanah (TPT), 35 saluran irigasi, 1 tempat lokasi wisata, 3 unit PLN, 2 unit lampu penerangan jalan dan 9 fasilitas air bersih. (BS-AsenkLeeSaragih) 
Share this article :

Post a Comment

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Nasib Pilu Parialus Saragih Sidauruk, 7 Terbaring Sakit Tanpa Pengomatan Medis

Nasib Pilu Parialus Saragih Sidauruk, 7 Terbaring Sakit Tanpa Pengomatan Medis
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

BERITA LAIN II