Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Pejuang Keadilan Kurpan Sinaga Kini Tahanan Kota, Bisa Jumpa Dengan Keluarga

Kurpan Sinaga dan Anaknya Gogoh Hasintongan Sinaga.

Pematangraya, BS-Aktivis senior sekaligus Advokad, Kurpan Sinaga kini sedikit bernafas lega setelah pengalihan tahanan kurungan penjara menjadi tahanan kota sejak 18 Maret 2024. Kini Kurpan Sinaga bisa bersama keluarga sembari menjalani proses hukum yang dijalaninya. Lewat akun media sosial facebook, Kurpan Sinaga membagikan kabar soal pengalihan tahanan kurungan penjara sejak 21 Januari 2024 hingga pada 18 Maret 2024 dialihkan jadi tahanan kota.
  
TARIMAKASIH MA TUHAN, IBERE HAM BAKKU NA LANG ONGGA HU PINGKIRI  

Foto di atas adalah foto tadi siang bersama juniorku Gogoh Hasintongan Sinaga baru menanyakan suatu hal ke RS Tuan Randahaim Raya, dalam rangka pembelaan diri sendiri atas perkara yang dikenakan sebagai terdakwa penganiayaan (katanya) sehingga sudah hampir dua bulan di penjara. 

Hakim kemarin Senin (18/03/2024) membuat penetapan pengalihan tahananku dari Lapas Siantar menjadi tahanan kota, jadi tidak di Lapas lagi sejak kemarin sore, sudah balik ke rumah. Mudah-mudahan kebenaran materil perkara ini benar-benar terungkab dan mencapai keadilan. 

Dengan tercapainya kebenaran dan keadilan dalam satu event ini diharapkan berdampak pada kinerja penegakan hukum yang lebih baik. Jelas, itu tidak mudah dan butuh perjuangan ekstra, termasuk masuk penjara bahkan dalam keadaan gangguan kesehatan.

Pemenjaraan ini saya yakini bahwa Tuhan telah mengabulkan nazarku. Tentang "Tuhan telah mengabulkan nazarku" ini kusadari setelah membaca satu ayat Mazmur yang menjadi fokus pandanganku setelah bangun pagi malam pertama masuk sel di Rumah Tahanan Polres Simalungun di Raya tanggal 21 Januari 2024. 

Doaku selama ini "jika Engkau berkenan pakailah aku ya Tuhan untuk keadilan dan kebenaran serta membantu yang lemah" telah dikabulkan dengan memberikan sesuatu yang tadak pernah kupikirkan.

 Kebetulan lagu Seksi Bapa GKPS dari Resort Batu Dua Puluh pada Kebaktian Lapas Siantar pertama kali kuikuti tgl 11 Februari 2024 menyebut TARIMAKASIH MA BAMU TUHAN IBERE HAM BAKKU NA LANG ONGGA HUPINGKIRI - Terimakasih lah bagiMu Tuhan Engkau beriikan sesuatu yg tdk pernah kupikirkan. 

Kesibukan saya tiap hari ngobrol dgn teman-teman warga binaan lainnya di penjara bergantian dengan  orang dan perkara yang berbeda, pengalaman suatu masa waktu bergabung dengan para narapidana di penjara, menyelami pikiran para orang yang mengaku pelaku kejahatan dgn berbagai kasus maupun satu dua yang tidak merasa bersalah.

Masa hukuman yang berbeda, dinamika kehidupan di penjara, sirkulasi orang di penjara, mengenal bentuk bangunan penjara adalah sesuatu yang bagaikan tour ke neraka dunia. Sedikit banyaknya saya telah mengenal penjara, suatu lembaga yang sangat penting dalam negara  seperti apa yang dikatakan filsuf...kalqu tidak salah Sokrates "kalau mendirikan suatu negara yang dibangun pertama kali adalah penjara". Itulah peran strategis penjara bukankan terlalu mahal untuk tadak dipelajari? 
Kurpan Sinaga dan Anaknya Gogoh Hasintongan Sinaga.

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments