. Bupati Simalungun DR JR Saragih SH MM Galang Komitmen Pemda di Kawasan Danau Toba | BeritaSimalungun
Home » » Bupati Simalungun DR JR Saragih SH MM Galang Komitmen Pemda di Kawasan Danau Toba

Bupati Simalungun DR JR Saragih SH MM Galang Komitmen Pemda di Kawasan Danau Toba

Written By GKPS JAMBI on Tuesday, 27 March 2012 | 20:34


Even PDT 2012 Didesain Sebagai Jadwal Kunjungan Pariwisata Danau Toba

Pemerintah Kabupaten Kota dikawasan Danau Toba harus berkomitmen dan memiliki tekad bersama, serta mampu menjalin kerjasama yang saling mendukung dan menghormati untuk memajukan destinasi pariwisata Danau Toba sesuai dengan tata kelola yang professional.

 Hal ini diungkapkan oleh Bupati Simalungun DR JR Saragih SH MM kepada beberapa wartawan media cetak, Jum’at, 17/02/2012 di Parapat  saat melakukan kunjungan khusus dalam rangka menemui serta  menggalang Komitmen para Bupati dan Walikota se-kawasan Danau Toba.

Kunjungan khusus Bupati Simalungun sebelumnya sudah diawali dengan pertemuan bersama Bupati Tapanuli Utara Torang Lumbantobing di Tarautung, Bupati Tobasamosir DR Kasmin Simajuntak MBA, Kamis (16/02/2012) di Tobasa dan hingga akhir bulan Pebruari 2012 akan menemui Bupati Karo, Bupati Dairi dan Bupati Samosir serta kepala daerah lainnya terkait untuk membicarakan dan merumuskan system pengelolaan Destinasi Pariwisata Danau Toba.

DR JR Saragih menjelaskan bahwa untuk mengembangkan sektor pariwisata Danau Toba dibutuhkan Komitmen yang kuat dan didukung oleh mental dan karakter yang baik. Melalui peranan dan komitmen yang dimiliki oleh pemerintah daerah se kawasan Danau Toba secara bersama diharapkan mampu melakukan tata kelola destinasi pariwisata Danau Toba.

Lebih lanjut JR Saragih mengatakan bahwa peranan pemerintah daerah dalam menyelenggarakan tata kelola destinasi pariwisata Danau Toba yang  benar dan professional harus didukung pula pelayanan prima oleh masyarakat pariwisata itu sendiri. Pemerintah daerah se-kawasan Danau Toba  diyakini mampu mengajak semua pihak untuk secara aktif menjalin kemitraan dengan masyarakat  pelaku pariwisata pada masing–masing daerah kabupaten hingga ketingkat Provinsi, pemerintah pusat bahkan dunia internasional.

Tujuan DR JR Saragih, Pemerintah Daerah (Pemda) yakni  untuk bertukar pengetahuan dan pengayaan pengalaman tentang pengelolaan destinasi pariwisata Danau Toba, selanjutnya akan merumuskan berbagai konsep tata kelola pengembangan pariwisata  Danau Toba.

Sementara itu, pada saat melakukan kunjungan ke masing masing daerah kabupaten berlangsung, Bupati Simalungun mengungkapkan bahwa persoalan klasik dalam pengelolaan Destinasi Pariwisata Danau Toba selama ini dihadapkan dengan  lemahnya koordinasi, kemitraan, perencanaan yang tidak partisipatif, rendahnya kapasitas SDM, data dasar dan penelitian yang terbatas.

Bersamaan dengan itu Bupati juga mengungkapkan sejumlah pandangan tentang langkah-langkah strategis yang perlu dilakukan oleh pemerintah kabupaten/kota, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara agar mampu membuktikan keunggulannya dalam pelaksanaan tata kelola destinasi pariwisata Danau Toba yang maju.

Bupati Simalungun DR JR Saragih SH MM  yang juga sebagai Kordinator Assosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Wilayah Sumaetara Utara ini mengungkapkan kepada wartawan bahwa, beberapa pandangan dan dan pokok – pokok yang dapat direkomendasikan untuk pengelolaan Destinasi Pariwisata Danau Toba yakni bahwa manajemen pengelolaan destinasi pariwiwsata Danau Toba sebelumnya masih bersifat konvensional, oleh karenannya perlu diorganisasikan agar lebih  kreatif sehingga dapat menyajikan pelayanan yang prima dan lebih optimal.

“Pemerintah kabupaten/kota dan pemerintah provinsi serta pemerintah pusat harus bersama-sama berkomitmen terhadap pengelolaan destinasi pariwisata Danau Toba yang kuat dan berkelanjutan. Selanjutnya yang paling utama adalah peran partisipasi masyarakat lokal sesuai dengan mental dan karakter yang baik mampu menerima perkembangan  pariwisata”, kata Bupati.

Bupati menambahkan bahwa, pencapaian target jangka pendek pengleolaan Destinasi Pariwisata Danau Toba dapat dicapai dengan fakta yaitu peningkatan jumlah kunjungan wisata,  dimana meningkatnya jumlah kunjungan wisata ke Danau Toba akan mampu menciptakan produk wisata yang bermutu dan berdaya saing tinggi, serta memberikan manfaat kepada masyarakat.

Target Kedua adalah tumbuhnya peran partispasi dan kapasitas masyarakat dalam usaha pariwisata, yang ketiga mampu memunculkan respon positif seluruh peran  pemerintah daerah, lembaga swadaya masyarakat dan tokoh masyarakat untuk berperan aktif mengembangkan destinasi dan memajukan usaha pariwisata di Kawasan Danau Toba Sumaetra Utara. Sementara itu, tujuan Jangka panjang adalah melibatkan peranan pemerintah pusat dan lembaga internasional dalam pengembangan destinasi pariwisata Danau Toba.

Usai melakukan kunjungan silaturahmi dengan masing masing Bupati dan Walikota, selanjutnya akan menyusun instrument organisasi pada lintas sektoral di daerah untuk mengukur  komitmen kinerja  pengembangan  yang sudah dicapai mulai dari yang bersifat umum/generic hingga ke tingkat yang lebih khusus/spesifik.

Even PDT 2012 Diesain Sebagai Jadwal Kunjungan Pariwisata Danau Toba“Come To Lake Toba”
Sehubungan dengan dipercayanya Bupati Simalungun sebagai Ketua Pelaksana PDT 2012 oleh Plt Gubsu Gatot Pujonugroho ST, ternyata sesuai pula  dengan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Simalungun Nomor 16 Tahun 2011 yang mengatur tentang  Revitalisasi Destinasi Objek – objek Pawisata Yang Ada Di Kabupaten Simalaungun, pada kesempatan itu Bupati menyampaikan ucapan terimaksaih kepada seluruh stake holder dan instansi pada lintas sektoral yang telah mensukseskan pelaksanaan PDT 2011 tahun lalu.

Pencapaian tata kelola Destinasi Pariwisata Danau Toba dalam jangka pendek dilakukan dengan melaksanakan PDT pada bulan Juni hingga Bulan Juli 2012,  yang akan dicapai dengan strategi komunikasi untuk mesosialisasikan tata kelola destinasi pariwisata Danau Toba kepada masyarakat melalui dialog, bimbingan teknis, seminar, publikasi, website, jejaring sosial dan sebagainya.

“Even PDT 2102 didesain sebagai kalendar kegiatan rutin setiap tahunnya. Dan diharapkan mampu menarik minat wisatawan untuk datang berkunjung ke danau Toba, atau boleh dijadikan sebagai undangan atau jamuan agar calon wisatwan berkenan datang ke Danau Toba, “Ayo ke Danau Toba”,  “Come To Lake Toba,” tandas Bupati Simalungun.

Kunjungan, Bupati Simalungun DR JR Saragih SH MM ke daerah Kabupaetn Kota se Kawasan Danau Toba, turut didampingi oleh unsur pimpinan daerah yakni Kapolres AKBP M Agus Fajar Arkam SIK, Dandinm 0207 Letkol (Arh) Edy Setiawan, Ketua PN Simalungun: Hj Hasmayetti SH MHum, Dandenpom Letkol CPM Dedi Suryana, Anggota DPRD Mansur Purba SE, Mewakili Kajari Kasie Intel Taufik SH, Plh Sekda Simalungun Ir Topot Saragaih, Aspemkesra Oberlin Hutagaol dan beberapa pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dijajaran Pemerintah Kabupaten Simalungun.(http://www.simalungunkab.go.id)
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.