. Deklarasi EHAMSI Menuju Perubahan Simalungun | BeritaSimalungun
Home » » Deklarasi EHAMSI Menuju Perubahan Simalungun

Deklarasi EHAMSI Menuju Perubahan Simalungun

Written By GKPS JAMBI on Wednesday, 28 March 2012 | 19:06


Bertempat di Restoran Kenanga Jl. Jamin Ginting Medan (24/3/12), dihadiri oleh ratusan orang warga masyarakat Simalungun, Lembaga Ehamsi yang pada awalnya hanyalah sebuah komunitas dunia maya dalam grup facebook secara resmi Dideklarasikan menjadi sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang akan bergerak dalam melakukan pendampingan masyarakat khususnya masyarakat Simalungun, melalui pemberdayaan SDM yang dimiliki oleh masyarakat Simalungun untuk ikut serta dalam menunjang Pembangunan Nasional utamanya Pembangunan Daerah Simalungun.

Jalpen Sipayung mewakili Badan Pengawas dan Badan Penasehat Lembaga Ehamsi dalam pidato sambutan Deklarasi yang dibacakan oleh Jhon Sari Haloho, SH, MM, menyatakan bahwa Komunitas Facebook Ehamsi yang selama ini mendengungkan ideologi komunal Simalungun “Habonaron Do Bona serta Sapangambei Manoktok Hitei” ternyata bukan hanaya slogan dan kata-kata indah penghias status (postingan), namun dirasakan masih sangat kuat untuk membangun solidaritas meskipun kita belum pantas berpuas diri, karena masih jauh dari makna yang sesungguhnya.

Namun untuk merealisasikan segalanya beberapa orang anggota komunitas facebook Ehamsi yang mempunyai nilai Ahap Simalungun telah membangun berdirinya satu Lembaga Ehamsi yang kita Deklarasikan pada hari ini dimana nantinya kita harapkan dapat menyalurkan minat sebagaiman motto “Siparutang Do Ahu Bani Simalungun”. Untuk itu saya berpesan “Untuk Pembangunan Simalungun agar Sekecil apapun bhakti nyata, maka Ehamsi haruslah berbuat.

Ketua Umum DPP.Lembaga Ehamsi Sarmulia Sinaga, ST, MT dalam pidato sambutannya manegaskan bahwa melalui Lembaga Ehamsi maka Simalungun kedepan menjadi milik mereka-mereka yang memiliki “Ahap Simalungun” yang jauh dari sekat-sekat pemisah yang dapat merugikan kita secara pribadi maupun secara bersama.

Sekretaris Jendral DPP.Lembaga Ehamsi Joe Frizer Sipayung pada saat menyampaikan pemaparan sejarah berdirinya Ehamsi menguraikan bahwa adapun grup Ehamsi ini awalnya terbentuk pada Maret 2010, dengan dibukanya Facebook Grup Ehamsi oleh Nosa Turnip seorang warga masyarakat Simalungun yang berdomisili di Surabaya, hingga akhirnya atas dukungan seluruh anggota facebook Ehamsi maka pada tanggal 1Februari 2012 secara resmi terbentuklah Lembaga Ehamsi berwujud LSM dengan legal standing yang berbadan hukum dalam Akte Notaris.

Turut memberikan Kata sambutan pada acara Deklarasi Lembaga Ehamsi antara lain Santra Girsang mewakili undangan dari komunitas Forhidos (Forum Hijau Dolok Sipiso-piso) serta Badan Penasehat Lembaga Ehamsi lainnya seperti Karel Girsang Tokoh Masyarakat Simalungun yang berdomisili di New York yang meluangkan waktu jauh-jauh dating ke kota Medan untuk mengahdiri acara Deklarasi Lembaga Ehamsi.

Dihadapan segenap jajaran pengurus DPP. Lembaga Ehamsi yang juga dihadiri oleh Ketua dan Wakil Ketua DPD.Lembaga Ehamsi Jabodetabek yakni Ditan Samosir, dan Juniardi Saragih , pada puncak acara Deklarasi tersebut diantara undangan yang hadir adalah anggota DPRD Simalungun Edi Irianto Sipayung, S.Pd yang didaulat untuk memberikan Bendera pataka Lembaga Ehamsi yang diterima oleh Sarmulia Sinaga, ST, MT sebagai Ketua Umum Lembaga Ehamsi, dan dirangkai dengan penyematan Logo/PIN Lembaga Ehamsi secara simbolis kepada jajaran pimpnan DPP.Lembaga Ehamsi ditambah DPD.Lembaga Ehamsi Jabodetabek yang disematkan secara bergantian oleh Karel Girsang, Jhon Sari Haloho, Edi Irianto Sipayung, S.Pd, dan Santra Girsang (Forhidos).

Acara Deklarasi Lembaga Ehamsi disiapkan oleh jajaran Panitia yang diketuai oleh Eddy Rusman Girasang, S.Sos ditampilkan dengan dipandu secara protokoler oleh Pdt.Paruhum Tampubolon, M.Th, M.Mis dan Rio Dani Damanik , menghasilkan acara yang sangat hikmad didahuli dengan Lagu kebangsaan Indonesia Raya Nasional yang dibawakan oleh paduan Suara Pemuda GKPS menteng dan juga diisi dengan hiburan yang menampilkan tor-tor somba yang dibawakan oleh penari dari Ikatan Mahasiswa USU, Pada selal-sela acara tampil juga artis – artis Simalungun diantaranya Jhon Elyaman Saragih, Jhon Kardo Purba dan Prawika Purba yang dapat menghibur para undangan dengan lagu-lagu Pop Simalungun.

Adapun jajaran pengurus DPP. Lembaga Ehamsi yang telah terbentuk adalah ;Sarmulia Sinaga, ST, MT (Ketua), Edisman Purba, SH, IR.Rawelson Situmorang, Andi Purba Sidadolog, SE (Wakil Ketua), Joe Frizer Sipayung, SE (Sekjend), Hendry Damanik, S.Pd (Wasekjend), Rebekka Ratna Heriani Purba (Bendahara), Idha Mastharia Sumbayak, SKM (Wakil Bendahara), Eddy Rusman Girsang, S.Sos (Dir.Eksekutif/Ka.Ops), Biston Haloho, SH (Dept.Advokasi Hukum).

ST (Dept.Hub.Lembaga), Edwin J. Putra Sipayung, A.Md (Humas), Pdt.Paruhuman Tampubolon (Div.Bid.Pemb.Kristen), Abdul Rizal Saragih (Div.Bid.Pemb.Islam), Rio F Girsang, SH (Div.Hukum & HAM), Cahaya Purba, SE (Div.Parawisata), Rio Dani Damanik (Div.Seni Budaya), Karsima Sipayung, SE (Div.Perlindungan Perempuan & Anak) Mulia Aman Purba, SE (Div.Ekonomi), Prianti Purba, S.Pd, Arie Jackson Sinaga, SKM (Div.Pendidikan), Ricardo Saragih (Div.Pemuda), Guntur Sipayung (Div.Mahasiswa).
Medan, 24 Maret 2012.DPP. Lembag Ehamsi;Dto,Sarmulia Sinaga , ST, MT.(Ketua Umum)Dto,Joe Frizer Sipayung, SE.(Sekretaris Jenderal). (http://www.sipituhuta.com)

Fotofoto Facebook EHAMSI
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.