Info Terkini

10/recent/ticker-posts

DPRD Sumut Dukung Pemekaran Kabupaten Simalungun

(Foto Pantai Horisan Haranggaol. Foto Asenk Lee Saragih)

Medan,(ANTARA) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Utara mendukung aspirasi masyarakat yang menginginkan adanya pemekaran Kabupaten Simalungun menjadi Simalungun Hataran.

Anggota DPRD Sumut asal pemilihan Kota Pematang Siantar dan Kabupaten Simalungun John Hugo Silalahi di Medan, Kamis, mengatakan, dukungan itu dapat dilihat dari upaya DPRD Sumut yang membuat sidang paripurna dan berisi persetujuan pemekaran.

“Itu sikap politik yang paling tinggi,” katanya. Ia mengatakan, upaya pemekaran Simalungun tersebut layak didukung karena merupakan sebuah kesepakatan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan.
Aspirasi pemekaran tersebut muncul karena masyarakat Simalungun Hataran ingin mendapatkan pelayanan pemerintah yang dekat dan mudah.

Selain itu, Simalungun yang memiliki 31 kecamatan dan sekitar 500 desa layak dimekarkan karena menjadi kabupaten terluas kedua setelah Deli Serdang yang telah dimekarkan menjadi Serdang Bedagai.
Karena itu, setelah diparipurnakan di tingkat kabupaten, pihaknya membawa aspirasi masyarakat tersebut ke sidang paripurna DPRD Sumut.

Namun berdasarkan ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2007 tentang Tata Cara Pembentukan, Penghapusan, dan Penggabungan Daerah, ada syarat–syarat yang harus dipenuhi Pemkab Simalungun sebagai kabupaten induk.

Ia mencontohkan kesiapan Pemkab Simalungun untuk menyediakan dana bagi daerah baru yang akan dimekarkan tersebut.

Demikian juga kesiapan Pemkab Simalungun sebagai kabupaten induk untuk menyiapkan berbagai sarana dan prasarana infrastruktur bagi daerah baru nantinya.

“Pemindahan dari sebagian hak untuk kabupaten yang akan dibentuk itu adalah amanah PP 78/2007,” kata John Hugo yang juga mantan Bupati Simalungun.

Ketika melakukan kunjungan dalam rangka reses 7-11 Februari 2012, John Hugo dan sejumlah anggota DPRD Sumut asal pemilihan Kota Pematang Siantar dan Kabupaten Simalungun juga menerima aspirasi pemekaran tersebut.

“Yang penting, kita mengharapkan kekompakan panitia pemekaran dalam mendukung aspirasi itu,” katanya.(http://www.antarasumut.com)

Berita Lainnya

There is no other posts in this category.

Post a Comment

0 Comments