. DPRD Sumut Dukung Pemekaran Kabupaten Simalungun | BeritaSimalungun
Home » » DPRD Sumut Dukung Pemekaran Kabupaten Simalungun

DPRD Sumut Dukung Pemekaran Kabupaten Simalungun

Written By GKPS JAMBI on Tuesday, 27 March 2012 | 19:50

(Foto Pantai Horisan Haranggaol. Foto Asenk Lee Saragih)

Medan,(ANTARA) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Utara mendukung aspirasi masyarakat yang menginginkan adanya pemekaran Kabupaten Simalungun menjadi Simalungun Hataran.

Anggota DPRD Sumut asal pemilihan Kota Pematang Siantar dan Kabupaten Simalungun John Hugo Silalahi di Medan, Kamis, mengatakan, dukungan itu dapat dilihat dari upaya DPRD Sumut yang membuat sidang paripurna dan berisi persetujuan pemekaran.

“Itu sikap politik yang paling tinggi,” katanya. Ia mengatakan, upaya pemekaran Simalungun tersebut layak didukung karena merupakan sebuah kesepakatan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan.
Aspirasi pemekaran tersebut muncul karena masyarakat Simalungun Hataran ingin mendapatkan pelayanan pemerintah yang dekat dan mudah.

Selain itu, Simalungun yang memiliki 31 kecamatan dan sekitar 500 desa layak dimekarkan karena menjadi kabupaten terluas kedua setelah Deli Serdang yang telah dimekarkan menjadi Serdang Bedagai.
Karena itu, setelah diparipurnakan di tingkat kabupaten, pihaknya membawa aspirasi masyarakat tersebut ke sidang paripurna DPRD Sumut.

Namun berdasarkan ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2007 tentang Tata Cara Pembentukan, Penghapusan, dan Penggabungan Daerah, ada syarat–syarat yang harus dipenuhi Pemkab Simalungun sebagai kabupaten induk.

Ia mencontohkan kesiapan Pemkab Simalungun untuk menyediakan dana bagi daerah baru yang akan dimekarkan tersebut.

Demikian juga kesiapan Pemkab Simalungun sebagai kabupaten induk untuk menyiapkan berbagai sarana dan prasarana infrastruktur bagi daerah baru nantinya.

“Pemindahan dari sebagian hak untuk kabupaten yang akan dibentuk itu adalah amanah PP 78/2007,” kata John Hugo yang juga mantan Bupati Simalungun.

Ketika melakukan kunjungan dalam rangka reses 7-11 Februari 2012, John Hugo dan sejumlah anggota DPRD Sumut asal pemilihan Kota Pematang Siantar dan Kabupaten Simalungun juga menerima aspirasi pemekaran tersebut.

“Yang penting, kita mengharapkan kekompakan panitia pemekaran dalam mendukung aspirasi itu,” katanya.(http://www.antarasumut.com)
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.