Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Pemkab Simalungun Terima Dump Truk dari Otorita Asahan

FOTO BERSAMA- 
Asisten II Pemkab Simalungun bersama pimpinan Otorita Asahan usai 
penyerahan dump truk dan peralatan lain di Pamatang Raya, Rabu (28/3). 
(Foto: Ikrar Lubis).FOTO BERSAMA- Asisten II Pemkab Simalungun bersama pimpinan Otorita Asahan usai penyerahan dump truk dan peralatan lain di Pamatang Raya, Rabu (28/3). (Foto: Ikrar Lubis).RAYA- Pemkab Simalungun menerima satu unit dump truk, dua unit mesin pencacah sampah dan 19 unit gerobak sampah dari Otorita Asahan.
Penyerahan berlangsung di ruang Harungguan Pemkab, Rabu (28/3). Bantuan diberikan Sekretaris Otorita Asahan Azwar Aziz dan diterima Asisten II Antonius Damanik.

Sekretaris Otorita Asahan Azwar Aziz dalam sambutannya menyebutkan, bantuan kepada Pemkab Simalungun ini merupakan bagian dari Program Bidang Konservasi Pembangunan Sarana Kebersihan Otorita Asahan. Total nilai bantuan yang diberikan Rp457.370.000.

“Tujuan pemberian bantuan untuk meningkatkan pengembangan sarana lingkungan dan kebersihan dalam rangka meningkatkan mutu lingkungan terutama di sekitar Danau Toba,” ungkapnya.

Dia menyebutkan, selain Pemkab Simalungun, bantuan dari Otorita Asahan juga diberikan ke kabupaten/kota lain di sekitar Danau Toba seperti Toba Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Samosir, Simalungun, Karo, Dairi, Asahan, Batubara dan Kota Tanjung Balai.

“Tentu kita ingin melestarikan Danau Toba dan meningkatkan kesejahteraan warga di sekitar kawasan,” ujarnya lagi.

Selama ini, menurut pengakuan Aziz, Otorita Asahan juga telah memberikan bantuan ke Pemkab Simalungun. Bantuan penanaman kopi untuk 51 kelompok masyarakat sebesar Rp1,15 miliar, rehabilitasi pelabuhan Tiga Raja dan Tigaras dengan dana Rp810 juta, pemberian 23 unit handtracktor untuk 23 kelompok masyarakat dengan dana Rp685 juta.

“Walaupun bantuan saat ini tidak seberapa, mudah-mudahan masyarakat Simalungun merasakan manfaatnya,” ujarnya.

Bupati Simalungun JR Saragih dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten II Antonius Damanik menyebutkan, sesuai Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Pemkab telah melakukan berbagai upaya untuk menjaga lingkungan hidup, mendorong kesejahteraan masyarakat dan perkembangan industri.

“Di kawasan Danau Toba, Pemkab Simalungun telah melakukan berbagai upaya konservasi lingkungan di daerah tangkapan air sekitar Danau yang merupakan wilayah Kabupaten Simalungun,” katanya.
Bupati menyampaikan, bantuan yang diberikan Otorita Asahan ini merupakan bukti nyata dari kesepakatan yang telah dibuat pada 2011 lalu.

Di mana sesuai dengan nota kesepakatan nomor: 17/K-00/NK/XI/2011 dan nomor: 660/5528-BLH/2011, Otorita Asahan berkewajiban memberikan bantuan konservasi lingkungan, pemberdayaan masyarakat dan pembangunan infrastruktur pedesaan.

“Untuk tahun 2012, inilah bukti Otorita Asahan memberikan bantuan ke Pemkab Simalungun berupa dump truk, mesin pencacah sampah dan gerobak sampah roda dua,” jelasnya. (ral/ara)(metrosiantar.com)

Berita Lainnya

There is no other posts in this category.

Post a Comment

0 Comments