Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Pesta Rondang Bintang, Cari Jodoh ala Simalungun


Rondang Bintang
Rondang Bintang


Simalungun: Banyak cara mengisi liburan. Satu di antaranya dengan memperkenalkan budaya tradisional, seperti yang dilakukan di Simalungun, Sumatra Utara. Baru-baru ini, di sana digelar Pesta Rondang Bintang.


Pesta Rondang Bintang adalah bentuk syukur atas panen raya. Acara tersebut sekaligus menjadi ajang mencari jodoh bagi generasi muda.
Bagi masyarakat Simalungun, akar tradisi harus tetap dijaga, termasuk Pesta Rondang Bintang. Biasanya acara tersebut digelar pada malam hari saat bulan purnama.

Dalam acara itu, para gadis desa keluar rumah untuk menumbuk padi bersama. Jika mengacu pada situasi sekarang, inilah cara ‘ngeceng’ gadis-gadis Simalungun pada zaman dahulu.
Setelah perhatian didapat, mereka mengikuti proses maranggir atau pembersihan diri. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, marrangir jarang dilakukan. Dengan air ramuan khusus dan jeruk purut simbol pembersihan badan, hati, dan pikiran.

Di Pesta Rondang Bintang, pasangan muda-mudi berada di antara seribuan lebih orang yang menikmati atraksi budaya dan keungulan dari 31 kecamatan. Mereka juga memajang hasil bumi dan hasil tangkapan dari danau serta kolam. Untuk lebih menarik perhatian generasi muda, selain seni tradisional, digelar juga pertandingan olahraga tradisional. (source : liputan6sctv.photo:lip6sctv)

Berita Lainnya

There is no other posts in this category.

Post a Comment

0 Comments