Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Sambutan Pengawas pada Deklarasi LEMBAGA EHAMSI


DPP EHAMSI SAAT BERKUNJUNG KE REDAKSI SIB



Kita patut bersykur, kemajuan teknologi di bidang media informasi telah memberikan sumbang sih yg tak terhingga bagi peradaban umat manusia. Dunia maya Face Book darimana terlahir Lembaga EHAMSI yg kita deklarasikan hari ini, tidak hanya menjadi sesuatu yg fenomenal sebagai sebuah jejaring social, tapi khusus bagi masyarakat Simalungun yg tergabung dalam group Ehamsi, Face Book telah mengukir sejarah bagaimana sebuah group diskusi dunia maya telah melahirkan sebuah lembaga ke dunia nyata.


Rasa solidaritas di dunia maya telah terwujud jadi tindakan nyata. Ini menjadi sesuatu yg luar biasa mengingat dunia maya terkadang dapat dikatakan identik dengan “alam liar”. Kita tdk saling kenal, bahkan identitaspun sering (sengaja?) tersamar. Tidak ada ikatan komitment di sana utk melakukan sesuatu atau utk tdk melakukan sesuatu, apalagi bicara tindakan nyata di alam nyata sebagai sebuah kegiatan kolektif, bukanlah perkara yg mudah.

Kita patut bangga dan bersyukur, ideology komunal Simalungun, HABONARAN DO BONA dan SAPANGAMBEI MANOKTOK HITEI, yg sering didengungkan dalam setiap diskusi di Face Book, ternyata bukan hanya slogan dan kata2 indah penghias status (postingan), namun dirasakan masih sangat kuat membangun solidaritas meskipun kita belum pantas berpuas diri karna masih jauh dari makna yg sesungguhnya.

Sikap optimis dan pesimis terhadap Lembaga Ehamsi ini kita rasakan sering berlomba merebut tempat di hati setiap kita yang larut dalam diskusi di dunia maya Face Book. Barisan panjang organisasi yg berbau Simalungun yg datang dan pergi turut menambah rasa galau akan kehadiran Lembaga ini. Akankah Lembaga ini akan menyusul teman-temannya menambah panjang barisan organisasi yg gagal dan tinggal papan nama? Ataukah anggapan itu menjadi sebuah mitos karena Lembaga ini berhasil menepisnya dan menjadikan diri sesuatu yg berbeda?

Memang, dibanding organisasi lain, ada satu hal yg menjadi pilar semangat dan yg memberi kita rasa percaya diri, bahwa KITA BERBUAT DULU BARU KEMUDIAN BERBENTUK, bukan BERBENTUK DULU, BARU KEMUDIAN BERBUAT. Jauh sebelum deklarasi ini, Group Ehamsi (ibu kandung Lembaga Ehamsi) telah berbuat utk Simalungun. Meskipun dalam skala kecil namun gaungnya membawa pesan yg sangat jelas, KITA HARUS BERBUAT! Jangan hanya menangisi kegelapan, padahal sepotong lilin yg ada ditangan tdk kita nyalakan.

Bahasa menunjukkan bangsa.

Tutur kata walaupun di dunia maya, memberi gambaran cukup jelas siapa dan seperti apa diri kita. Prinsip “Apa yg dapat saya berikan utk Simalungun melalui Ehamsi, bukan apa yg sya dapatkan dari Ehamsi” telah dgn jelas mewarnai sikap dan tindakan teman2 yg benar2 tulus ikhlas membangun Simalungun melalui organisasi ini. Appresiasi saya yg sangat tinggi atas dedikasi yg luar biasa yg telah ditunjukkan teman2 terutama yg berada di DPP Lembaga Ehamsi ini. Tidak ternilai waktu dan energy bahkan materi yg mereka curahkan utk Lembaga ini.

Mereka bukanlah org2 yg berkelimpahan dalam hal materi sehingga mau memberi, bukan tuan dari waktu sehingga bisa mengurus organisasi ini kapanpun mereka mau, namun panggilan rasa tanggung jawab utk membangun Simalungun, itulah yg menggerakkan mereka. SIPARUTANG DO AHU BANI SIMALUNGUN kata Pdt J. Wismar Saragih, motto itu selalu segar di sanubari kita, dan kita menyadari hutang itu tidak akan pernah lunas karena kita telah menerima lebih dari yg dapat kita berikan utk Simalungun.

Saudara2ku yg punya ahap atau ikatan emosional dgn Simalungun, Etah Ham Mambangun Simalungun! Lembaga Ehamsi bekerja berlandaskan KASIH, bahasa Universal yag menembus semua sekat2 dan perbedaan yg ada diantara kita. Marilah bergandengan tangan membangun Simalungun utk kita dan generasi yg akan datang. Sekecil apa pun hal baik yg dapat kita lakukan, perbuatlah! Orang2 mungkin akan melupakan kita dan hal baik yg pernah kita lakukan, namun waktu akan mencatat semua jejak2 indah yg kita tinggalkan.Semoga !(Jalpen Sipayung)

Berita Lainnya

There is no other posts in this category.

Post a Comment

0 Comments