Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Sejarah Berdirinya EHAMSI Lebih Facebook


Berawal Berawal dari jalinan komunikasi di dunia maya (facebook), beberapa warga yang mempunyai kepedulian (ahap) terhadap Simalungun sepakat untuk mendirikan Lembaga Etah Ham Mambangun Simalungun (Etaham).
 
Lebih dari sebuah lembaga yang berbadan hukum, Etaham kini hadir sebagai lembaga bagi masyarakat Simalungun untuk dapat berkarya bagi pembangunan Simalungun di segala lini yang dapat diapresiasikan bagi seluruh masyarakat Simalungun di manapun berada.

''Ehamsi menghimpun seluruh potensi-potensi yang ada untuk dapat disalurkan bagi perkembangan masyarakat Simalungun sesuai dengan kebutuhannya. Dan yang pasti, lembaga ini bukan bermaksud untuk memekarkan Simalungun," kata Ketua DPP Lembaga Ehamsi, Sarmulia Sinaga dalam diskusi bersama redaksi Tribun, Senin (19/3).

Turut hadir dalam diskusi ini pengurus DPP lainnya seperti Joefrizer Sipayung, Rebekka Girsang, Rawelson Situmorang, Eddy Rusman, Edisman Purba, dan Edwin Sipayung.

Sarmulia menjelaskan, anggota yang bergabung di komunitas Facebook sudah mencapai lebih dari 3.000 orang. Sebagian besar dari anggota di Facebook ini, kata Sarmulia yang menggagas hadirnya Ehamsi sebagai lembaga berbadan hukum dan aktif melaksanakan berbagai kegiatan yang memberdayakan masyarakat dan daerah Simalungun.

"Untuk kepengurusan DPP, diputuskan berada di Medan. Sedangkan untuk DPD sudah ada satu kepengurusan di wilayah Jabodetabek. Ke depan, akan dibentuk DPD-DPD lain di Simalungun, Binjai dan lain-lain," kata Sarmulia.

Sekretaris DPP Ehamsi, Joefrizer Sipayung menjelaskan, berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan Ehamsi antara lain: try out  pra UAS di SD Negeri 096779 yang dipusatkan di Desa Janggar Leto Kecamatan Panombean Panei, melakukan penyemaian bibit (kecambah) tanaman penghijauan trembesi dan sengon yang direncanakan dibagikan  gratis kepada masyarakat tani di Kabupaten Simalungun dan melaksanakan penghijauan di Dolok Sipiso-piso Tongging bekerjasama dengan Forhidos.

Joefrizer mengatakan, keanggotaan Lembaga Ehamsi terbuka bagi siapapun juga tanpa memperhatikan latarbelakang agama, marga ataupun profesi. Syarat terpenting, kata Joefrizer adalah mempunyai kepedulian untuk membangun Simalungun. Bagi masyarakat yang ingin bergabung, bisa mendaftarkan diri ke sekretariat DPP Lembaga Ehamsi, Jl. Sei Bengawan No. 73 Medan.

"Tanggal 24 Maret mendatang, kita akan mendeklarasikan berdirinya Lembaga Ehamsi ini di Restoran Kenanga Medan mulai pukul 16.00 WIB. Kami undang siapapun masyarakat yang ingin berpartisipasi dan bergabung untuk menjadi anggota Lembaga Ehamsi untuk menghadirinya," ajak Joefrizer.(ari)
Penulis : M Azhari Tanjung
Editor : Boris
Sumber : Tribun Medan

Berita Lainnya

There is no other posts in this category.

Post a Comment

0 Comments