Info Terkini

10/recent/ticker-posts

200 Ha Lahan Eks Bridgestone di Simalungun Dikelola PD Agromadear

RAYA- Sekitar 200 hektare lahan eks perkebunan Bridgestone di Kecamatan Tapian Dolok dikelola PD Agromadear. Direncanakan, lahan itu akan ditanam ubi dan jagung.

Suntikan dana Rp1 miliar dari Pemkab Simalungun akan dimanfaatkan sebagian untuk pengelolaan lahan tersebut. Direktur PD Agromadear Benni Purba dihubungi Sabtu (31/3) menyebutkan, tahun ini, sekitar 200 hektare lahan eks Bridgestone di Tapian Dolok diserahkan pengelolaannya kepada PD Agromadear.

Batas waktu pengelolaan diserahkan sepenuhnya kepada Pemkab sebagai pemilik lahan. Menurut Purba, pihaknya akan memanfaatkan dana Rp1 miliar yang diberikan Pemkab Simalungun sebagai dana awal pengelolaan lahan. Lahan eks Bridgestone itu akan dimanfaatkan untuk tanaman jagung dan ubi.

“Tidak mungkin dana Rp1 miliar itu dimanfaatkan semua di sana, hanya sebagian yang kita pakai. Sebagian lagi dana itu akan kita manfaatkan untuk hal yang lain,” jelasnya.

Untuk pekerja yang akan dilibatkan mengerjakan lahan, dia mengaku belum bisa memastikan apakah berasal dari warga sekitar atau daerah lain.

Sementara Kepala Bappeda Pemkab Simalungun Wilson Manihuruk menyebutkan, sekitar 200 hektare lahan eks Bridgestone akan dimanfaatkan PD Agromadear dengan sistem pinjam pakai pengelolaan.

 Hal ini akan berlaku hingga lahan ini nanti akan dimanfaatkan kembali oleh Pemkab Simalungun. “Kewajiban Agromadear harus memberikan kontribusi PAD Rp500 juta kepada Pemkab Simalungun setiap tahun. Mereka boleh mengelola lahan itu, namun tidak boleh membuat bangunan permanen di lokasi tersebut,” tambah Wilson.

Kabag Humas Pemkab M Andreas Simamora menambahkan, pengelolaan lahan diserahkan sepenuhnya kepada PD Agromadear. Sesuai penjelasan Direktur PD Agromadear Benni Purba, di lahan itu akan ditanam ubi dan jagung. “Batas waktu pengelolaan hingga Pemkab butuh lagi lahan itu,” jelasnya. (ral/ara)(metrosiantar.com)

Post a Comment

0 Comments