Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Bupati Simalungun Ajak Warganya Cinta dan Lestarikan Budaya Adat Simalungun

DISAMBUT- Bupati 
Simalungun JR Saragih dan dr Erunita JR Saragih beserta Ketua DPRD 
Simalungn Binton Tindaon dan rombongan disambut dengan Tortor Dihar. 
(Foto: Ist)DISAMBUT- Bupati Simalungun JR Saragih dan dr Erunita JR Saragih beserta Ketua DPRD Simalungn Binton Tindaon dan rombongan disambut dengan Tortor Dihar. (Foto: Ist)SIMALUNGUN- Bupati Simalungun DR JR Saragih SH MM mengajak seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Simalungun bersama-sama mendukung, mencintai dan melestarikan Budaya Simalungun.

Ajakan tersebut disampaikan JR Saragih saat menghadiri Malam Pesona Kesenian Budaya Simalungun di lokasi Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) Medan, Selasa.

Acara dihadiri seribuan masyarakat Simalungun khususnya dari Kabupaten Simalungun dan Sumatera Utara umumnya.

Dalam kesempatan itu, bupati mengatakan, kebudayaan Simalungun merupakan warisan dan harta yang tak ternilai harganya. Karenanya, Budaya Simalungun dapat dijadikan sebagai contoh dalam kehidupan, khusunya bagi generasi muda agar tetap mencintai budayanya terutama menghadapi kemajuan era globalisasi ini.
JR Saragih juga menekankan kepada seluruh pejabat di Pemkab Simalungun dan instansi terkait agar meningkatkan kinerjanya dalam memeperkenalkan kesenian dan kebudayaan Simalungun kepada para generasi muda, sehingga kekayaan sejarah ini terus melekat di hati mereka melalui berbagai kegiatan.

“Pemkab Simalungun akan memberikan dukungan bagi masyarakat maupun pemuda yang peduli terhadap kemajuan kesenian dan kebudayaan Simalungun,” tegas JR Saragih.

Kegiatan malam pesona budaya Simalungun ini diawali dengan pagelaran Tortor Sombah yang dibawakan putri-putri cantik dari Yayasan Sauhur.

Lalu penampilan Opera Parjabu Parsapan oleh Ikatan Mahasiswa Simalungun Universitas Sumatera Utara (IMAS-USU) dan penampilan Toping-Toping, Huda-Huda serta tari Haroan Bolon tari-tarian Simalungun lainnya dari Himpunan Mahasiswa Pemuda Simalungun (HIMAPSI). Penampilan seni Budaya Simalungun tersebut mendapat sambutan yang meriah dari para pengunjung yang hadir.

Sebelumnya, Ketua DPRD Simalungun Binton Tindaon Spd mengatakan, masyarakat Simalungun harus menjunjung tinggi dan meneladani budaya Simalungun.

Katanya, di tengah-tengan kemajuan teknologi saat ini, banyak generasi muda Simalungun yang mulai meninggalkan budayanya. Untuk itu, dengan diselenggarakannya pentas seni Budaya Simalungun ini, diharapkan masyarakat dan generasi muda dapat lebih mencintai budaya Simalungun.

Mewakili Partuha Maujana Simalungun (PMS) Japaten Purba dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan masyarakat Simalungun yang turut mensukseskan acara Malam Pesona Budaya Simalungun tersebut.

“Khusus kepada generasi muda Simalungun kami ajak untuk lebih giat dalam mempelajari budaya Simalungun agar budaya Simalungun dapat tetap berkesinambungan di masa yang akan datang,” ajaknya.

Ketua Yayasan PRSU Panusunan Pasaribu dalam sambutannya menyampaikan, acara Malam Pesona Budaya Simalungun ini juga dapat dijadikan sebagai ajang marsombuh sihol (melepas rindu, red).

“Acara ini diharapkan dapat memotivasi dan menimbulkan semangat untuk membangun Kabupaten Simalungun. Seluruh masyarakat, tokoh adat dan pemerintah harus bersama-sama membangun Kabupaten Simalungun menjadi lebih baik,” tegas Panusunan.

Tampak hadir dalam acara tersebut Uspida Plus Simalungun, para pimpinan SKPD dan camat di jajaran Pemkab Simalungun, para pengurus Partuha Maujana Simalungun (PMS), lembaga/dinas/instansi Pemprovsu dan para pengunjung PRSU. (mer/rel/ara)(metrosiantar.com)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments