BS

BS
Media Online Berbasis Suara Rakyat

Carnaval Mobil Hias Di Usia 141 Tahun Kota Siantar



Foto: LAZUARDY FAHMI PARADE MOBIL HIAS: Puluhan kendaran roda empat merihakan HUT ke-141 Kota Siantar. Mobil  dihias dengan berbagai suku, Sabtu (21/4).
Foto: LAZUARDY FAHMI PARADE MOBIL HIAS: Puluhan kendaran roda empat merihakan HUT ke-141 Kota Siantar. Mobil dihias dengan berbagai suku, Sabtu (21/4). SIANTAR- Dalam rangka memeriahkan hari jadi ke-141 Kota Siantar, digelar carnaval mobil hias. Kegiatan tersebut sangat mentyita perhatian warga. Sebanyak 30 unit mobil dihiasi sesuai adat dan budaya yang ada di Siantar. Carnaval mobil hias ini dilepas langsung Walikota Siantar Hulman Sitorus, didampingi Ketua PN Pastra Joseph Ziroluo, Kapolres AKBP Alberd Sianipar, Kejari, Sekda Donver Panggabean dan sejumlah perwakilan Muspida lainnya dari depan Balai Kota Jalan Merdeka, Sabtu (21/4).

Hulman Sitorus saat melepas carnaval mobil hias mengatakan, kegiatan seperti ini harus ditingkatkan, apalagi mengenai kebudayaan yang  ada di Siantar. Sebab kata dia, perlu ditunjukkan kepada masyarakat bahwa walau beragam suku, agama dan etnis, namun masyarakatnya tetap kompak.

Selain itu walikota berharap, dirgahayu ini hendaknya dapat menjadi momen penting melakukan pencerahan untuk saling memperbaharui serta meningkatkan komitmen untuk berjuang bersama melanjutkan pembangunan Siantar.

Sebelum pelepasan, kordinator parade mobil hias Leonardo Simanjuntak melaporkan, carnaval mobil hias yang dilaksanakan ini dalam rangka menyemarakkan HUT Siantar ke 141. Carnaval ini mengambil rute dari Balai kota Jalan Merdeka menuju Jalan A Yani-Jalan Pdt Justin Sehombing-Jalan Asahan-Jalan Sutomo-Jalan Diponegoro-Jalan Gereja-Jalan Kapten MH Sitorus dan finish lapangan H Adam Malik.

Lebih lanjut dikatakannya, carnaval mobil hias diikuti seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dengan menampilkan seluruh etnis yang ada di Siantar. Di mana budaya etnis Simalungun ditampilkan oleh Dinas pemuda olahraga, kebudayaan dan parawisata (Disporabudpar) dan Kecamatan Siantar Sitalasari, serta budaya etnis Toba ditampilkan Dinas Bina Marga dan Kecamatan Siantar Timur, etnis Pakpak Dairi ditampilkan Badan Penganggulangan Bencana Daerah, Kantor Pemadam Kebakaran dan Kecamatan Siantar Utara.

Sedangkan Dinas Tarukim menampilkan budaya etnis Karo. Badan Penelitian, Pengembangan dan Statistik bersama Disperindag menampilkan etnis Mandailing.


Sedangkan lima SKPD masing-masing Dinas kebersihan, Badan lingkungan Hidup, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja bersama dalam satu mobil hias menampilkan etnis Jawa. Sementara Inspektorat, dan Badan kepegawaian, pendidikandan pelatihan menampilkan etnis Nias.

Selain itu tiga SKPD lain, Dinas kependudukan dan pencatatan sipil, badan penanaman modal dan promosi daerah serta kecamatan siantar selatan menampilkan etnis Minangkabau Etnis Bali ditampilkan dinas pertanian dan peternakan, Badan pelayanan perizinan terpadu, dan kecamatan siantar marimbun, sementara dinas kesehatan bersama RSUD Djasamen Saragih, dan Kecamatan Siantar Barat menampilkan etnis Tionghoa, dan Etnis India ditampilkan Dinas Perhububungan Telekomunikasi dan informatika bersama badan Kesbang linmas politik dan perlindungan masyarakat.

Serta dua badan, yakni Badan ketahanan pangan dan penyuluhan bersana Badan penberdayaan masyarakat menampilkan etnis Melayu. Tiga SKPD, Dinas pendidikan, kantor Arsip dan perpustakaan, dan Kantor Satpol PP menampilkan Etnis Aceh Terakhir mobil hias berornamen Pemko ditampilkan Dinas PPKAD serta bagian umum. Dan mobil hias dari berbagai perusahaan dan perbankan, BUMN/BUMD yang ada di Kota Siantar. (Osi)(metrosiantar.com)
Share this article :

Post Comment

 
Contact Facebook: GROUP FB BERITA SIMALUNGUN
Copyright © 2011. BERITA SIMALUNGUN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger