Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Dirut PTPN 4 Menegaskan "Teh Sidamanik Dipertahankan"

Berkat Aksi Warga-LSM-Mahasiswa Serta Tinjauan Menteri BUMN Dahlan Iskan

Bupati Simalungun JR Saragih (9 dari kiri) berfoto bersama Direktur Utama PTPN IV Erwin Nasution (10 dari kiri) dan rombongan usai silahturahmi di Pemkab Simalungun, Selasa (24/4). (Foto: Tonggo Sibarani)Bupati Simalungun JR Saragih (9 dari kiri) berfoto bersama Direktur Utama PTPN IV Erwin Nasution (10 dari kiri) dan rombongan usai silahturahmi di Pemkab Simalungun, Selasa (24/4). (Foto: Tonggo Sibarani)
PANEI- Konversi teh menjadi kelapa sawit milik PTPN 4 di Kebun Sidamanik, Bah Butong dan Tobasari dipastikan ditunda. Seperti disampaikan Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan, PTPN IV akan mencari jenis bibit baru yang sesuai dengan suhu udara di Sidamanik sekitarnya.

Dirut PTPN 4 Erwin Nasution, ketika meninjau selokan di wilayah Kebun Marjandi Jalan Siantar-Seribudolok Kecamatan Panei, kepada METRO, Selasa (24/4), menegaskan, setelah kedatangan Menteri BUMN Dahlan Iskan, PTPN 4 akan menghentikan rencana konversi serta mencari bibit teh sesuai dengan Sidamanik. “Sebenarnya tidak seluruhnya direncanakan dikonversi, tetap saja masih ada yang dipertahankan karena lokasi ketinggian dari permukaan laut tidak cocok untuk ditanami sawit,” katanya.

Dia menjelaskan, pihaknya juga menerima keluhan masyarakat terkait banjir yang akhir-akhir ini terjadi di Panei Tongah sekitarnya. Bersama Pemkab Simalungun akan dicari solusi untuk pengalihan air. “Banjir terjadi karena selokan tidak mampu menampung air. Untuk tahap pertama dilakukan pelebaran gorong-gorong yang memotong jalan, tetapi karena jalannya berstatus jalan provinsi maka harus ada izin dari provinsi,” katanya.

Ditambahkan Erwin, jika memang izin untuk melebarkan gorong-gorong yang terletak di antara Simpang Marjanji dan Simpang Raya diberikan, maka pihaknya segera mengerjakan pelebaran. Kadis Pekerjaan Umum Simalungun Ir Jon Sabiden Purba dan Kadis Perkebunan Ir Amran Sinaga yang langsung meninjau titik-titik banjir mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan PTPN 4 untuk mencari solusi banjir yang sering terjadi di Panei Tongah, serta sebagian besar jalan Siantar-Seribudolok. 

“Pemkab Simalungun akan mengajukan izin untuk memotong jalan ke pemprovsu karena jalan ini merupakan tanggungjawab provinsi. Mudah-mudahan Mei ini tuntas,” kata Jon Sabiden.

Jon Sabiden menerangkan, keluhan masyarakat telah diterima dan dikaji bahwa selokan yang ada sekarang tidak mampu menampung air ketika hujan deras turun. Pihak perkebunan telah melakukan upaya mengurangi pengaruh dengan membuat kolam-kolam penahan, tetapi tidak maksimal. “Solusinya volume gorong-gorong harus ditambah, sehingga air dari sekitar Nagori Simpang Raya Dasma dan lahan PNTPN 4 yang berada di sekitarnya dapat dialihkan, tidak lagi seluruhnya menuju selokan Panei Tongah,” katanya.

Wakil Ketua KNPI Kabupaten Simalungun Arifin Sihombing yang berada di lokasi, meminta Pemkab Simalungun dan pihak PTPN 4 segera merealisasikan pelebaran gorong-gorong yang berada sekitar 100 meter dari Simpang Marjandi. Menurut dia itu merupakan solusi satu-satunya yang tepat saat ini untuk menekan kemungkinan banjir di Panei Tongah. “Selokan di Panei Tongah tidak mampu lagi menampung air ketika hujan datang, ini telah berkali-kali dikeluhkan masyarakat,” katanya. 

Silahturahmi dengan Bupati
Bupati Simalungun JR Saragih menyambut Dirut PTPN IV Erwin Nasution, Selasa (24/4). (Foto: Ist)Bupati Simalungun JR Saragih menyambut Dirut PTPN IV Erwin Nasution, Selasa (24/4). (Foto: Ist)Direktur Utama PTPN IV Erwin Nasution didampingi Direktur Produksi Ahmad Haslan Saragih, Direktur Keuangan Setia Dharma Sebayang, Direktur Perencanaan dan Pengembangan Usaha Memed Wiramihardja, Direktur SDM Andi Wibisono bersilahturahmi dengan Bupati Simalungun, Selasa (24/4).

Dalam pertemuan itu, Dirut PTPN IV Erwin Nasution menjelaskan kepada Bupati tentang areal Perkebunan PTPN IV. Dia mengatakan bahwa areal kebun PTPN IV seluas 175.277 hektare (ha), dan 44,97 persen dari luas kebun yang dimiliki PTPN IV tersebut berada di Simalungun dengan jumlah kebun sebanyak 18 kebun.

Erwin mengatakan, Simalungun merupakan produksi andalan yang sangat menghasilkan. Selebihnya di beberapa wilayah yang ada masih pengembangan. Sebagai bentuk program kemitraan dan program bina lingkungan setiap tahunnya mereka memberikan bantuan ke Kabupaten Simalungun dengan jumlah bervariasi tiap tahunnya.

Bupati Simalungun JR Saragih berharap hubungan tali silahturahmi dengan PTPN IV terus dijalin. Dia juga berharap supaya memberikan kesempatan kepada putra daerah untuk diperkejakan di perkebunan milik BUMN itu. “Ini juga untuk menekan pengangguran sehingga masyarakat Simalungun yang berada di sekitar perkebunan makin sejahtera,” ujar JR. Dalam pertemuan itu Bupati-Dirut PTPN IV saling tukar cinderamata. (esa)(osi)(metrosiantar.com)

Berita Lainnya

There is no other posts in this category.

Post a Comment

0 Comments