Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Jorlang Hataran Juara Umum MTQ Simalungun 2012

JUARA- Djadiaman Purba didampingi Sulaiman Sinaga dan beberapa pimpinan SKPD menyerahkan piala bergilir MTQ kepada juara umum Kecamatan Jorlang Hataran yang diwakili Camat Arifin Nainggolan, Sabtu (15/4). (Foto: Ist)JUARA- Djadiaman Purba didampingi Sulaiman Sinaga dan beberapa pimpinan SKPD menyerahkan piala bergilir MTQ kepada juara umum Kecamatan Jorlang Hataran yang diwakili Camat Arifin Nainggolan, Sabtu (15/4). (Foto: Ist)RAYA- Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-41 Kabupaten Simalungun 2012 resmi ditutup Bupati Simalungun JR Saragih diwakili Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) H Djadiaman Purba, Sabtu (14/4) malam. Keluar sebagai juara umum Kecamatan Jorlang Hataran.

Ketua LPTQ H Djadiaman Purba saat memberikan kata sambutan dalam acara penutupan MTQ mengatakan, dengan dikumandangkannya ayat suci Alquran di Pamatang Raya, diharapkan umat Islam dapat lebih menghayati dan mencintai serta memperdalam ilmu-ilmu yang terkandung dalam Alquran tersebut. 

MTQ juga diharapkan dapat membentuk akhlak mulia. Djadiaman mengatakan, pemenang MTQ Kabupaten Simalungun akan diutus sebagai duta Kabupaten Simalungun pada pelaksanaan MTQ Provinsi Sumatera Utara yang akan diselenggarakan di Kabupaten Serdang Bedagai 27 April hingga 5 Mei 2012 mendatang.

Ketua Panitia Amran Sinaga menyampaikan, jumlah peserta dan official pada MTQ ke-41 ini sebanyak 610 orang. Para peserta ini berasal dari 31 kecamatan di Kabupaten Simalungun. 

 Sementara dewan hakim sebanyak 30 orang, seksi musabaqoh 50 orang  dan panitia lokal sebanyak 100 orang. Cabang yang diperlombakan, antara lain Mujawwad, Tahfiz, Syarhil, Fahmil dan Khattil Quran. “Melalui pelaksanaan MTQ ke-41 ini, mari kita tingkatkan pemahaman dan penghayatan isi Alquran dalam kehidupan sehari-hari di tanah Habonaron do Bona,” tandas Amran Sinaga.

Dia menyebutkan, Kecamatan Jorlang Hataran tampil sebagai juara umum MTQ ke-41 dan berhak mendapat uang pembinaan dan trofi bergilir MTQ. Sementara juara Mujawad Remaja Putra diraih Abdur Rahman dari  Kecamatan Jawa Maraja Bah Jambi dan juara Mujawwad Remaja Putri diraih Widia Fahmi dari KEcamatan Bandar, dan berhak mendapatkan 1 unit sepedamotor.

Kedua unit sepedamotor ini merupakan sumbangan dari beberapa tokoh, yakni tokoh masyarakat Pamatang Bandar Muchtar Purba, Bustamam Ganie, Elkananda Shah dan Dian Pratama Putra Waldi. Sedangkan pemenang perlombaan  dari cabang lain mendapatkan hadiah berupa televisi, LCD, sepedamotor dan uang pembinaan.      

Sebelumnya, pelaksanaan MTQ ini dibuka Bupati Simalungun JR Saragih didampingi unsur Muspida Simalungun pada 12 April lalu. Saat memberikan bimbingan dan arahannya, bupati mengatakan, melalui MTQ diharapkan mempererat tali silaturahmi dan kekeluargaan antar agama dan suku yang ada di Kabupaten Simalungun.

Lebih lanjut bupati berharap, pelaksanaan MTQ ini dapat dijadikan momentum untuk memperdalam dan mempelajari kitab suci Alquran bagi anak muda dan orangtua. Khusus bagi orangtua agar lebih meningkatkan pembelajaran dan memberikan contoh teladan yang baik bagi generasi muda di Kabupaten Simalungun. (ral/ara)(metrosiantar.com)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments