BS

BS
Media Online Berbasis Suara Rakyat

Kegiatan Seni Budaya dan Olahraga Tradisional Digelar di PDT 2012

Saya saat meliput di Parapat belum lama ini. Foto-foto Asenk Lee Saragih



Pematangsiantar, (Analisa). Pesta Danau Toba (PDT) yang dijadwalkan berlangsung pada 30 Juni-14 Juli 2012 akan menggelar berbagai kegiatan seni dan budaya serta olahraga tradisional.
Dalam mempersiapkan pangelaran event akbar ini, 7 kabupaten yang berada di kawasan Danau Toba (DT) menjalin kerja sama dan telah menyusun berbagai program kerja untuk menyukseskan PDT itu. 
Dalam menyusun program kerja pada PDT mendatang, 7 daerah mengadakan beberapa pertemuan yang diawali dengan kunjungan kerja Bupati Simalungun DR JR Saragih SH MM bersama Plh Sekda Ir Topot serta beberapa pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di jajaran Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Simalungun yang dilanjutkan dengan rapat koordinasi di Niagara Hotel beberapa waktu lalu membahas tentang susunan kepanitiaan dan program kerja.

Selanjutnya, di ruang pertemuan City Hotel Pamatang Raya, baru-baru ini, perwakilan ke 7 daerah di kawasan Danau Toba kembali mengadakan rapat koordinasi membahas struktur kepanitiaan dan program kerja yang akan dilaksanakan.

Rapat ini dipimpin Ir Jan Wanner Saragih MSi (Asisten Administrasi dan Umum Pemkab Simalungun) yang dihunjuk Bupati Simalungun dan telah disepakati pada rapat koordinasi terdahulu.
 
Seluruh perwakilan dari 7 kabupaten memberikan berbagai masukan dan saran dalam menyusun berbagai kegiatan dan agenda-agenda yang akan dilaksanakan. Di rapat itu, juga turut membahas berbagai kegiatan seni, budaya dan olahraga tradisional yang akan ditampilkan pada PDT mendatang.

Rencana kegiatan yang akan ditampilkan pada pembukaan PDT nantinya, antara lain parede kapal hias dari 7 Kabupaten se-Kawasan Danau Toba, tarian massal, paduan suara “O Tao Toba Nauli”yang melibatkan para pelajar dari semua kabupaten, pertunjukkan terjun payung yang akan dilaksanakan anggota TNI AU/AL.

Pelestarian Lingkungan

Pada rapat itu juga dibahas agenda-agenda kerja yang akan dilaksanakan pada PDT mendatang, seperti pelestarian lingkungan dengan kegiatan gotong royong massal pembersihan Danau Toba di masing-masing kabupaten, penanaman pohon di sekitar Danau Toba. Pada bidang kesenian direncanakan akan digelar dan diperlombakan tarian massal, pagelaran gondang, perlombaan suling, vokal solo, vocal group, vocal trio, fashion show pakaian daerah, lomba putri danau toba, lomba foto panorama DT, lomba liputan PDT 2012, lomba lukisan Panorama DT, pengelaran tor-tor tunggal panaluan, mangalahat horbo, perlombaan tor-tor sipitu cawan, pagelaran andung, opera batak, taur-taur, odong-odong, gundala-gundala, sigale-gale dan huda-huda.

Kegiatan olahraga direncanakan akan memperlombakan solu bolon, solu marsada-sada, solu mardua-dua, margala, marjalekat, marhonong, renang Parapat-Tomok, bola voli pantai, catur, lari 40 K (Parapat- Tobasa), lari 10 K (di Samosir), pagelaran dan perlombaan paralayang, motor cross/enduro tour, gantole, marsiranggut, umbalang, dragon boat, terjun payung, marching band, memancing, ski dan arung jeram.

Rencana kegiatan lainnya seperti semiloka membicarakan tentang pelestarian Danau Toba dan ekonomi kerakyatan. Di samping itu, juga direncanakan akan digelar pameran yang menyuguhkan produk-produk unggulan dari masing-masing daerah, industri kerajinan binaan Dekranasda, martonun dan memasak ikan pora.

Dalam memeriahkan PDT tahun 2012, juga akan menampilkan artis-artis ibu kota, baik dari Jakarta maupun Medan, penampilan koor raksasa, band medan dan tarian massal. Selama berlangsungnya kegiatan PDT, sesuai dengan hasil rapat kegiatan kesenian, kebudayaan dan olahraga tidak hanya dipusatkan di Kota Parapat (Kabupaten Simalungun) akan tetapi juga dilaksanakan di 7 Kabupaten.(sumber :
ANALISADILY)
Share this article :

Post Comment

 
Contact Facebook: GROUP FB BERITA SIMALUNGUN
Copyright © 2011. BERITA SIMALUNGUN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger