Info Terkini

10/recent/ticker-posts

KNPI Simalungun Ancam Polisikan Kasek dan CV Pelita

Soal Seragam Sekolah Batik


RAYA- Ketua Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Simalungun, Elkananda Shah SE mengancam akan mempolisikan para kepala sekolah (kasek) dan CV Pelita Pendidikan jika tetap mewujudkan pemakaian seragam batik di sekolah-sekolah di Simalungun.

Elkananda yang didampingi Sekretaris KNPI Simalungun, Sanju Sidabutar dan pengurus lainnya menilai, pengadaan seragam batik tersebut bertentangan dengan UU No 5 Tahun 1999 Tentang Anti Monopoli dan Persaingan Usaha serta Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2011 Tentang Larangan Pungutan Biaya Pendidikan Pada Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

"KNPI Simalungun akan melaporkan kepala sekolah dan CV Pelita Pendidikan bila tidak mengembalikan uang orangtua dan tetap membagikan seragam batik tersebut. Jika seminggu ini uang tersebut tidak dikembalikan, kami dari KNPI Simalungun akan menempuh ranah hukum," tegas pria yang akrab disapa Nanda ini, Senin (16/4) di kantornya. Nanda juga menyinggung soal hak paten seragam batik yang dikatakan khas Simalungun. "Harusnya hak paten Pemkab Simalungun bukan hak paten CV Pelita Pendidikan," bilangnya.

Sekedar mengingatkan, tahun 2012 siswa SD/SMP/SMA/SMK swasta dan negeri di Kabupaten Simalungun dianjurkan Dinas Pendidikan mengenakan seragam sekolah bercorak batik Simalungun. Seragam akan dikenakan setiap hari Kamis. Namun disesalkan, pembelian seragam dibebankan kepada setiap siswa dengan nilai antara Rp80 ribu hingga Rp115 ribu.

Sebelumnya, Ketua DPD Partai Golkar Simalungun Janter Sirait juga menyatakan protes terhadap kebijakan Dinas Pendidikan ini. Di mana kebijakan ini dinilainya telah membebani orangtua siswa terutama yang miskin untuk menyekolahkan anaknya. Selain itu, menurut Janter, juga bertentangan dengan program pemerintah wajib belajar 9 tahun. (nasa)(metrosiantar.com)

Berita Lainnya

There is no other posts in this category.

Post a Comment

0 Comments