Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Mahasiswa dan Pemuda Harus Mampu Membangun Jaringan


Mahasiswa dan Pemuda Harus Mampu Membangun Jaringan
(Analisa/timbul siallagan) Walikota Pematangsiantar Hulman Sitorus SE memakaikan pakaian adat Simalungun kepada Plt Gubernur Sumut H Gatot Pujo Nugroho, pada acara Dies natalis Himapsi ke 34 di Auditorium USI.
 
Pematangsiantar: Plt Gubsu H Gatot Pujo Nugroho mengharapkan mahasiswa dan pemuda mampu membangun jaringan, agar menjadi agen perubahan. Posisioning pemuda dan mahasiswa dikatakan, merupakan sebuah semangat masa depan yang mampu menjadi calon pemimpin ke-depan.
Hal itu disampaikannya pada acara dies natalis Himapsi ke 34 di Auditorium USI, Jumat (27/4).

"Kita sepakat, mahasiswa dan pemuda adalah agen perubahan, Himapsi merupakan wadahnya," kata Gatot.

Gatot mengatakan, mahasiswa dan pemuda harus memiliki kemampuan membangun jaringan, dari jaringan yang dibuat diharapkan akan muncul sebuah perubahan. Untuk itu, pembenahan diri sangat dibutuhkan untuk mencapai jati diri masing-masing mahasiswa dan pemuda.

"Pemuda harus mampu memotivasi dan mengajak masyarakat, khususnya Simalungun untuk bangga akan jati diirnya sebagai warga berkebudayaan dan memiliki intelektual, secara globalisasi," katanya.

Politisi PKS itu menjabarkan, sejarah asal usul keragaman di Simalungun, sebagian berasal dari Hindia Selatan dan suku-suku disekitarnya. Hal ini membuktikan, terjadi kulturasi budaya, hingga peran pemuda untuk menyesuaikan diri tanpa hanyut dalam kulturasi, sangat diperlukan.

Semangat kompetensi harus ditingkatkan. Saat ini kawasan Simalungun menjadi sasaran kulturasi yang dibarengi dengan kekayaan alam.

"Pemuda dan mahasiswa harus berpengaruh, baik untuk Simalungun secara khusus, Sumut secara umum, bahkan bangsa yang kita cintai ini," katanya.

Menurut Gatot, Sumut merupakan lead area di Indonesia bagian Barat, terutama di pulau Sumatera, hingga, dengan demikian, mempertahankan kemandirian dan kekayaan budaya dan kekayaan alam lainnya menjadi wujud kecintaan atas tanah luhur ini, hingga peran mahasiswa dan pemuda yang tergabung dalam Himapsi tidak mentok hanya sebatas organisasi formil.

Namun, harus mampu membaurkan diri kepada oragnisasi kemahasiswaan dan kepemudaan di daerah lain. Dengan demikian, jaringan akan terjalin. Pembangunan akan semakin dipercepat dan semakin tumbuhnya kepercayaan diri masyarakat Simalungun.

"Mari ajak seluruh putra putri Simalungun, baik yang ada di daerah ini atau yang merantau bahkan ke luar negeri untuk peduli terhadap Simalungun,"pinta Gatot.

Dalam acara yang juga dihadiri Walikota Pematangsiantar Plt Gubsu Gatot Pujo Nugroho menerima pakaian adat Simalungun.(tps)(http://www.analisadaily.com)

Berita Lainnya

There is no other posts in this category.

Post a Comment

0 Comments