Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Pembangunan Jalan di Tobasa dan Simalungun Bermaterial Lokal

PT Toba Pulp Lestari Tbk (TobaPulp) membangun jalan di dua kabupaten, Tobasa dan Simalungun. Jalan tersebut diharapkan bisa memperlancar hasil-hasil pertanian masyarakat menuju pusat pemasaran.

Di Tobasa, pembangunan berupa pengaspalan jalan sepanjang 600 meter selebar 5 meter dengan hotmix di desa Pardomuan, kecamatan Silaen, kabupaten Tobasa. Nilainya Rp.1,04 miliar. Jalan ini dikerjakan selama 30 hari hingga 3 April 2012 lalu oleh rekanan setempat, CV Dewi Chandra. Pembangunan jalan memanfaatkan material lokal.

Jalan ini menghubungkan tiga kecamatan, yakni Laguboti, Borbor dan Habinsaran. Menurut Humas TobaPulp, dengan di hotmixnya jalan tersebut, pengangkutan hasil pertanian seperti kopi, sayur-sayuran, dan kentang, serta juga kegiatan sosial-ekonomi lainnya semakinlancar.

Nusi Sianipar, tokoh masyarakat setempat menyampaikan rasa terimakasihnya kepada TobaPulp. Bahkan, Bupati Tobasa, Pandapotan Kasmin Simanjuntak, secara khusus juga menyampaikan penghargaan atas kesediaan perusahaan ini membiayai pembangunan jalan. Jasmin Parhusip, Manajer CSR TobaPulp, mengatakan ini hanya salah satu bukti peran-serta perusahaan mendukung prasarana lokal.

Di Simalungun, April tahun lalu TobaPulp juga membangunkan jalan baru sepanjang 750 meter dengan lebar 5 meter. Lokasinya di dusun Paropo, nagori Sipanganbolon, kecamatan Girsang Sipanganbolon. Biaya pembangunannya mencapai Rp 9,7 juta, diambilkan dari dana CD TobaPulp periode 2009. Jalan baru ini menjadi akses menuju lahan pertanian masyarakat.

Jalan baru itu memudahkan akses hasil pertanian menuju jalan provinsi, untuk selanjutnya menuju pusat pemasaran di Parapat atau Balige. Selain menggeliatkan ekonomi melalui pelancaran arus barang, arti strategis kehadiran jalan baru ini ialah sekaligus mengakhiri keterpencilan dusun Paropo sehingga mampu berpacu dengan dusun lain untuk maju.

Pembukaan jalan ditandai pengoperasian alat berat (bulldozer) selama dua hari, disaksikan langsung Pangulu Girsang Sipanganbolon, Bahtiar Sinaga, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Sahmin Sinaga, serta Maujana nagori Sipanganbolon, Marulak Sinaga.

Nagori Girsang Sipanganbolon adalah salah satu dusun yang dekat dengan daerah-kerja HTI (hutan tanaman industri) TobaPulp di Sektor Aeknauli, dan karenanya masuk prioritas penerima program pemberdayaan masyarakat (CD - community development). Sebelumnya, dusun ini menerima bibit ikan mas, serta pemasangan umbul air bersih.

Pangulu nagori, Bahtiar Sinaga, serta Ketua LPM, Sahmin, berharap program CD TobaPulp menghasilkan dampak ganda, yakni memacu kemajuan ekonomi masyarakat, serta juga memajukan perusahaan atas dukungan masyarakat. Hadir pada kegiatan awal pembangunan jalan tersebut para staf perusahaan, diantaranya Karman Sirait (Manajer Sektor), Robin Sianturi (Askep 4L) dan Ramson Simamora (Staf 4L).

Tong Sampah

Di bidang kebersihan, TobaPulp juga membagikan 700 unit tong sampah terbuat dari bekas drum di desa-desa sekitar pabrik di Parmaksian, Tobasa. Gunanya sebagai sarana kebersihan dan kesehatan lingkungan hidup, serta sekaligus dapat menjadi media pembuatan pupuk organik.

Manajer CSR (corporate social responsibility) TobaPulp, Jasmin Parhusip langsung menyerahkan tong-tong sampah itu pada periode Januari - Maret 2012 kepada para penerima yakni Pargaulan Marpaung, Kades Siruar (100 unit); Hasoloan Sitorus, Kades Lumban Manurung (100) dan Safri Manurung, Banjarganjang (100). Program ini lanjutan dari penyerahan 400 unit tong, sebelumnya, ke desa Tanggabatu-1 dan Pangombusan, akhir 2010, serta ke desa Lumban Sitorus, akhir 2011. Seluruhnya mencapai 700 unit.

Tong sampah ini dikerjakan sendiri rekanan lokal dan distribusinya diharapkan memicu dan memacu semangat "cinta kebersihan" dan "peduli lingkungan." (rizanul/rel)(http://www.medanbisnisdaily.com)

Berita Lainnya

There is no other posts in this category.

Post a Comment

0 Comments