Info Terkini

10/recent/ticker-posts

12 Ha Sawah Diserang Tikus

BOSAR MALIGAS- Serangan hama tikus menyerang 12 hektare areal persawahaan di Nagori Boluk, Kecamatan Bosar Maligas, Simalungun, sejak dua pekan terakhir. Akibatnya petani terancam merugi puluhan juta rupiah.

Kepada METRO, Sabtu (26/5), Sabar Manurung (41), petani di Nagori Boluk mengatakan, populasi hama tikus bertambah pesat sejak dua minggu terakhir dan telah merusak tanaman padi seluas 12 hektare. Dia menyampaikan, semakin cepatnya hama tikus berkembang karena akhir-akhir ini burung elang dan burung hantu sudah jarang mengitari areal persawahan mereka hingga hama tikus ini leluasa berkembang dan merusak padi petani.

Dia menambahkan, petani sudah mencoba menabur racun tikus untuk mengatasi ini, namun tetap tidak berhasil. “Sudah berulang kali kami sebar racun tikus di lahan pertanian ini, namun populasi tikus ini masih saja cepat berkembang,” ujarnya. Sonti boru Marpaung (46), petani lainnya mengaku banyak padi yang dipanen tidak berisi karena dimakan oleh hama tikus ini.

”Biasanya satu petak menghasilkan 100 kaleng padi. Namun kini hanya 80 kaleng saja,” jelasnya. Atas kondisi ini, para petani ini berharap agar pemerintah memberikan perhatian agar hama tikus ini segera diberantas dan petani terlepas dari ancaman kerugian. (metrosiantar.com)

Berita Lainnya

There is no other posts in this category.

Post a Comment

0 Comments