Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Ajarkan Seni dan Budaya Pada Pemuda Simalungun


PERESMIAN- Pengurus DPP PMS foto bersama dengan Bupati Simalungun JR Saragih usai meresmikan kantor DPP PMS. (Foto: TONGGO SIBARANI)PERESMIAN- Pengurus DPP PMS foto bersama dengan Bupati Simalungun JR Saragih usai meresmikan kantor DPP PMS. (Foto: TONGGO SIBARANI)
SIMALUNGUN- Bupati Simalungun JR Saragih mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bangkit bersama dan membuat komitmen dalam membangun Kabupaten Simalungun menuju perubahan yang lebih baik, salah satunya melalui seni dan budaya. Karenanya, bupati mengajak agar seni dan budaya ditanamkan kepada generasi muda karena itu adalah asset berharga yang diharapkan jangan sampai punah di kemudian hari.

Hal tersebut diungkapkan JR Saragih dalam pada peresmian kantor Dewan Pimpinan Pusat Pertuha Maujana Simalungun (DPP PMS) di Jalan Perintis Kemerdekaan Pematangsiantar (eks Rumah Dinas Bupati Simalungun), Sabtu, (5/5).

“Mari kita bersatu untuk menghidupkan marwah Simalungun melalui kebersamaan dan kekompakan, sehingga kita bisa saling bangkit bersama, karena kita bekerja semata-mata untuk kepentingan cita-cita para leluhur kita sekligus melaksanakan pesan mereka,” ajak JR. Selanjutnya JR Saragih yang merupakan Ketua Umum DPP PMS berharap kepada seluruh pengurus PMS, termasuk Dewan Pimpinan Cabang (DPC) agar bersama-sama memajukan dan melestariakan kesenian dan kebudayaan Simalungun kepada para generasi muda agar kedua bidang ini tetap terjaga dengan baik.

“Kesenian dan kebudayaan daerah harus dilestariakan, karena kedua bidang ini merupakan kekayaan kita, juga merupakan aset Negara. Jika dikemas dengan baik, tidak mustahil kesenian dan kebudayaan dapat mengangkat harkat dan martabat Simalungun itu sendiri. Kesenian dan kebudayaan juga merupakan sejarah bagi kita,” ungkap JR sembari mengucapkan terima kasih kepada DPC Kota Tebing Tinggi yang telah menerbitkan buku tentang sejarah perkembangan Simalungun di kota itu, karena hal ini telah mengingatkan kita tentang sejarah.

Untuk mengembangkan kesenian dan kebudayaan, JR Saragih mengharapkan agar ciri khas Simalungun ada di setiap gedung-gedung instansi pemerintah maupun swasta seperti ukiran-ukiran (uhir) Simalungun maupun bentuk bangunannya. Saat itu, dia pun langsung memerintahkan Plt Sekda peraturan daerah (perda) untuk mengatur tentang pemakaian ukiran bercorak Simalungun ini segera dibuat. 

 Sementara, perwakilan dari keturunan Raja Marpitu Drs Kamen Purba memberikan apresiasi JR Saragih yang telah peduli pada sejarah dan kesenian serta kebudayaan Simalungun. Untuk itu, Kamen mengajak keturunan Raja Marpitu untuk bersama-sama memberikan dukungan atas kebijakan-kebijakan pemerintah dalam membangun dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Simalungun.

Sebelumnya Sekretaris Umum DPP PMS Pardi Purba dalam laporannya memaparkan tentang fungsi kentor DPP PMS. Pardi mengatakan, selain sebagai kantor sekeretariat  juga akan dijadikan sebagai sarana pengembangan kesenian dan kebudayaan Simalungun.

“Kita mau, melalui kantor ini dapat terbentuk keluarga besar Simalungun untuk membangun daerah ini secara bersama-sama dan kita menginginkan Simalungun ke depan menjadi tuan di negeri sendiri. Artinya, kita jangan bermusuhan dengan etnis lain yang ada di daerah ini, tetapi kita mau menjadi satu kesatuan secara keselurahan,” tandasnya. (METROSIANTAR.COM)

Berita Lainnya

There is no other posts in this category.

Post a Comment

0 Comments