Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Anggaran Pesta Danau Toba Ditampung P-APBD 2012


TOR-TOR SIPITU CAWAN-Sejumlah penari membawakan tarian tor-tor Sipitu Cawan pada pembukaan Pesta Danau Toba 2011 di Parapat Kabupaten Simalungun. Tahun ini PDT diundur pelaksanaannya, setelah diketahui APBD Induk Pemprov Sumut tidak menampung anggarannya.TOR-TOR SIPITU CAWAN-Sejumlah penari membawakan tarian tor-tor Sipitu Cawan pada pembukaan Pesta Danau Toba 2011 di Parapat Kabupaten Simalungun. Tahun ini PDT diundur pelaksanaannya, setelah diketahui APBD Induk Pemprov Sumut tidak menampung anggarannya.MEDAN- Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menampung pendanaan kegiatan Pesta Danau Toba (PDT) dalam Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) 2012.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Nurdin Lubis di Medan, Rabu (16/5), mengatakan, pengalokasian anggaran PDT tersebut dimasukkan dalam P-APBD karena baru diajukan pada April 2012.

Sedangkan pengesahan APBD Sumut 2012 melalui rapat paripurna DPRD Sumut dilakukan pada 21 Desember 2011 dengan tidak memasukkan mata anggaran untuk Pesta Danau Toba. “Jadi, secara mekanisme dan ketentuan peraturan perundang-undangan, tidak mungkin (anggaran PDT) dimasukkan dalam APBD induk,” katanya.
Namun, kata Nurdin, kondisi itu bukan berarti Pemprov Sumut tidak menampung anggaran kegiatan PDT dalam APBD tahun 2012. Kondisi itu lebih disebabkan belum adanya pengajuan secara resmi tentang penyelenggaraan PDT dalam R-APBD 2012.

Selain itu, masalah tersebut juga bukan karena kesalahan Pemkab Simalungun yang ditunjuk sebagai penyelenggara karena penunjukannya baru dilakukan pada Maret 2012 melalui SK Gubernur Sumut.
Karena itu, pihaknya mengharapkan seluruh lapisan masyarakat untuk tidak memperbesar masalah tersebut, termasuk dengan membenturkan antara Pemprov Sumut dengan Pemkab Simalungun.

Kondisi itu lebih disebabkan adanya proses transisi akibat perubahan kebijakan tentang penyelenggaran PDT dari yang sebelumnya dikelola pihak swasta. “Jadi, janganlah dibentur-benturkan seolah-olah ini kesalahan Pemprov Sumut karena tidak menampungnya atau panitia lambat mengajukannya,” kata Nurdin. (metrosiantar.com)

Berita Lainnya

There is no other posts in this category.

Post a Comment

0 Comments