Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Bupati Simalungun Dr Jr Saragih SH MM Dapat Goverment Award

Bupati Simalungun Dr Jr Saragih SH MM (foto) mendapat penghargaan Government Award 2012  di Hotel Santika Premiere Dyandra, Jumat (11/ 5). Selain JR Saragih, Walikota Medan Drs H Rahudman Harahap MM bersama delapan Bupati/Walikota lainnya di Sumatera Utara juga mendapat penghargaan yang sama.

Penghargaan ini diberikan langsung Menteri  Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Ir M Hatta Rajasa karena  orang nomor satu di Pemko Medan ini bersama  delapan kepala daerah tersebut, dinilai berprestasi  dalam upaya mensejahterakan masyarakat di wilayahnya masing-masing.

Selain Walikota Medan, delapan kepala daerah yang mendapatkan penghargaan itu masing-masing Bupati Deli Serdang Drs H Amri Tambunan, Bupati Simalungun Dr Jr Saragih SH MM, Walikota Sibolga Drs H M Syarfi  Hutauruk, Bupati langkat H Ngogesa Sitepu SH, Bupati Tapanuli Tengah Raja Bonaran Situmeang SH MHum, Walikota Tebing Tinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM, Bupati Serdang Bedagai Ir H Erry Nuradi  dan Bupati Nias Selatan Drs Idealisman Dachi.

Dalam sambutannya, Menko Perekonomian Ir M Hatta Rajasa  mengungkapkan award yang diberikan ini sangat penting sehingga harus diapresiasi. Hal ini tidak terlepasi dari  kondis yang terjadi di tengah-tengah masyarakat saat ini, dimana  sangat sepi memberikan penghargaan maupun apresiasi terhadap upaya yang telah dilakukan anak bangsa, termasuk di dalamnya kepala daerah.

“Seakan-akan apa yang telah dilakukan anak-anak bangsa  selama ini tidak ada prestasinya,” kata Hatta.  Padahal sejak krisis ekonomi  yang terjadi pada 1998,  terjadinya reformasi  dan sampai saat ini begitu banyak peningkatan yang telah terjadi. 
 
Baik  terjadinya penurunan angka pengangguran  hingga meningkatnya pendapatan perkapita masyarakat. Padahal jika melihat krisis ekonomi yang terjadi ketika itu, sulit rasanya bisa meraih seperti yang  ada saat ini,” tambahnya.

Untuk itulah, Hatta  mengajak semua untuk memberikan apresiasi kepada para pemimpin yang telah berupaya  dan bekerja keras dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, siapapun peminpin tersebut. Termasuk,  kepala daerah  mulai gubernur, bupati, walikota, camat sampai lurah.
 
 Karenanya, Hatta menegaskan pasti akan menghadiri  setiap acara pemberian penghargaan yang diberikan kepada  kepala daerah sekalipun tingkat kecamatan. “Ini penting bagi kita untuk mensyukuri kinerja yang telah dilakukan para kepala daerah tersebut,”  ungkapnya.

Mengacu dari itu, Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional ini  merasa Government Award  2012 ini begitu sangat penting. Apalagi penghargaan ini diberikan atas kerja keras yang telah dilakukan para kepala daerah  guna mensejahterakan masyarakat di wilayahnya masing-masing, termasuk  dalam memberikan pelayanan publik terbaik.

Walikota Medan Drs H Rahudman Harahap MM atas nama Pemko Medan menyampaikan apresiasi sekaligus terima kasih yang sebesar-besarnya karena telah menggagas Government Award 2012.  Penghargaan ini tentunya semakin memotivasi para kepala daerah  untuk terus meningkatkan kualitas tata kelola  pemerintahan yang diharapkan akan berdampak kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dijelaskan Walikota, tata kelola pemerintahan yang efektif telah menjadi isu panjang dalam pembangunan  dan  tak pernah surut. Hal ini disebabkan prinsip-prinsip dasar manajemen pemerintahan ini, diyakini akan memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat. Meski demikian tidak dapat mengabaikan peranan dari stakeholder pembangunan lainnya, termasuk  Badan Usaha Milik Negara (BUMN)/Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

“Kita menyadari tantangan pemabngunan di tiap-tiap daerah pasti berbeda. Untuk itu konsolidasi yang kokoh antara pemerintah, BUMN/BUMD serta stakeholder pembangunan lainnya, termasuk media akan mendorong terciptanya iklim pembangunan yang semakin kondusif, progresif, berdaya saing dan selanjutnya akan melahirkan citra daerah yang lebih baik,”  ujar Rahudman.

Bagi Walikota Medan, Government Award 2012 ini merupakan penghargaan yang kedua diraihnya  sejak Januari sampai Mei 2012. Sebelumnya, Rahudman baru saja meraih penghargaan dari Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Republik Indonesia Drs H.A  Muhaimin Iskandar MSi sebagai Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K-3) Tingkat Nasional Tahun 2012 di Jakarta pada 25 April lalu.

Pada 2011, Walikota Medan juga menerima serangkai penghargaan bergengsi  seperti penghargaan Program P-2 HIV dan AIDS di Tempat Kerja dari Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik  Indonesia.  Kemudian, penghargaan  Kinerja Pemerintah Daerah Bidang Pekerjaan Umum kategori Kota Metropolitan dari Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia Djoko Kirmanto.  
 
Setelah itu  dianugerahi penghargaan International Communication and Technology (ITC) Pura 2011 dari Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring atas keberhasilan dalam mengelola teknologi informasi dan teknologi sehingga memberikan manfaat signifikan terhadap kehidupan masyarakat.

Walikota  juga mendapat penghargaan dari Menteri Lingkungan Hidup Prof Dr Berth Kambuaya  yakni Publik Expose Program Langit Biru. Penghargaan diberikan atas keberhasilan Kota Medan  dalam menjalankan program Langit Biru, khususnya evaluasi udara di perkotaan dan evaluasi penataan ambang batas emisi gas kenderaan bermotor tipe baru.(http://beritasore.com)

Post a Comment

0 Comments