Info Terkini

10/recent/ticker-posts

SEJARAH RINGKAS MARGA SIMALUNGUN

Oleh : Juli Manker Purba

Penemuan masalah:
1.Kenapa Marga di simalungu satu orang pun tdk mengetahui Nomor Urutannya? (seperti di tapanuli saat ini posisi mereka kebanyakan Nomor urut 15, 16)
2.Kenapa Marga di Simalungu Hanya Empat marga saja (Purba, Saragih, Sinaga, Damanik)
3.Mengapa ada Marga yg lain yg di Simalungun (disimalungunkan) sepertiSipayung, Sitopu, Haloho dan lain-lain gimana Ceritanya ?

 
HAL INI MERUPAKAN TUGAS GENERASI PENERUS SUKU SIMALUNGUN

Saya membuka Sedikit masalah Sejarah keberadaan Simalungun di Indonesia sebagai berikut, Kerajaan di Indonesia dahulu ada beberapa kerajaan antara lain: Kerajaan Mojopahit yg tertua (+/-mulai Thn 450 Masehi) 2.Kerajaan Erlangga +/-Thn 800 Masehi) diluar pulau jawa berkembanglah kerajaan lainnya seperti kerajaan Aceh dan Kerajaan Silau di Simalungun yaitu salah satu Kerajaan di Indonesia Tahun 1250 Masehi. 

Jadi kerajaan silau pertama sekali dipimpin Oleh Raja Nagur marga Damanik dan Kerajaan Silau yg terahir dipimpin oleh Raja Sangnawaluh marga Damanik, Kerajaan ini berahir krena Raja Sangnawaluh Damanik dibunuh orang belanda dan mayatnya dibuang ke Bengkalis (Tahun 1602 Masehi) saat Tanam paksa di Indonesia dengan demikian berahirlah KERAJAAN SILAU di Simalungun selanjutnya diambil alih langsun Oleh Belanda sapai tahun 1900an (dijajah selama 350).

PERHITUNGAN: Kalaulah suku Tapanuli saat ini memiliki rata-rata Nomor Urut 15 berarti meraka mempunyai marga 300 tahun yg lewat (Tahun 1700) krena satu generasi antara ayah dan anak adalah satu tingkat 20 tahun (20 x15 =300 tahun). 

Jadi mereka punya marga 300 tahun yg silam tetapi mereka sering mengatakan asal simalungun dari tapanuli ini tdk masuk akal sedangkan Raja Nagur Damanik adalah 800 tahun yg lewat termasuk Purba, Sinaga, Saragih terkecuali tapanuli yg di simalungunkan (pendatang) seperti Sipayung ,Haloho dll, bukti-bukti di Museum Simalungun peninggalan Simalungun mungkin masih lengkap. Hal ini pernah saya ceritakan pada pengetua di Tapanuli dia terdiam kerena kerajaan(pemerintahan) di Tapanuli sebelum zaman Belanda Tidak ada di Indonesia. 

MOHON DI TINDAK LANJUTI KAUM MUDA SIMALUNGUN...........HOOOORRAAAS.....DIATETUP

Berita Lainnya

There is no other posts in this category.

Post a Comment

0 Comments